Kerap Berkoar-koar, Iran Mendadak Tak Punya Nyali Bela Palestina Perangi Israel

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Revolusi Iran, Ayatollah Khamenei
Sumber :
  • middleeasteye.net

VIVA – Sejumlah pejabat senior Republik Islam Iran membongkar sikap Ayatollah Khamenei, yang ternyata enggan memberikan dukungan militer kepada pasukan Hamas Palestina, dalam perang di Gaza.

Jet Tempur Israel Bombardir Lebanon Usai Geger Ledakan Massal Pager-Walkie Talkie

Pemimpin Tertinggi Revolusi Iran itu mengaku terkejut atas serangan yang dilancarkan pasukan Hamas Palestina ke Israel, pada 7 Oktober 2023 lalu. 

Akan tetapi, Iran kerap berkoar siap menerjunkan bantuan militer justru tak konsisten

Direkrut Intelijen Iran, Maman Atur Siasat Bunuh Benjamin Netanyahu

Dilansir VIVA Militer dari Reuters, sikap Iran soal dukungan terhadap Palestina telah disampaikan langsung oleh Khamenei kepada Sekretaris Jenderal Hamas, Ismail Haniyeh, dalam pertemuan awal November 2023.

VIVA Militer: Ismail Haniyeh dan Ayatollah Khamenei

Photo :
  • leader.ir
Dilindungi Militer, Pemukim Ilegal Israel Sita Domba dari Keluarga Palestina di Tepi Barat

Meskipun Iran secara terbuka memuji Hamas atas invasi dahsyat ke Israel, namun Iran hanya akan memberikan dukungan politik dan moral.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari The Messenger, Khamenei memastikan jika sokongan Iran terhadap Hamas hanya sebatas itu.

Di sisi lain, tiga orang pejabat senior Iran yang identitasnya dirahasiakan membenarkan sikap Khamenei.

Salah seorang pejabat Iran itu menyatakan, Iran tak mau ikut perang terbuka bersama Hamas melawan militer Israel di Gaza dikarenakan satu alasan.

VIVA Militer: Pasukan Hamas Palestina

Photo :
  • The Times of Israel

Keengganan Iran mengirim pasukan ke Gaza dan ikut serta dalam konfrontasi bersenjata bersama Hamas melawan militer Israel, dikarenakan tidak adanya koordinasi Hamas saat menyerang Israel bulan lalu.

Padahal beberapa hari pasca serangan Hamas ke Israel, Khamenei menyebut sudah tak sabar untuk ikut menyerang militer Israel.

"Jika kejahatan rezim Zionis terus berlanjut, umat Islam dan kekuatan perlawanan akan menjadi tidak sabar, dan tidak ada yang bisa menghentikan mereka," ujar Khamenei pada 10 Oktober 2023 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya