Menyerah Pada Musuh, Tentara Rusia Dieksekusi Mati di Tempat Pakai Meriam

VIVA Militer: Ledakan akibat serangan Rusia di Andriivka
Sumber :
  • mirror.co.uk

VIVA – Militer Ukraina mengklaim telah berhasil merebut kembali desa Andriivka, 9,6 kilometer sebelah selatan kota Artyomovsk (Bakhmut), Minggu 17 September 2023.

Anak Penjaga Warung Kelontong Ini Berhasil Jadi Lulusan Terbaik Akademi Angkatan Laut Tahun 2024

Adalah Brigade Penyerang ke-3 Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) yang diklaim berhasil memukul mundur unit militer Rusia berasal dari Andriivka.

Selain membunuh, unit militer Ukraina juga berhasil menahan beberapa orang tentara Rusia yang memilih menyerahkan diri usai pertempuran.

22 Perwira Tinggi TNI Naik Pangkat, Taufik Budi Santoso Resmi Sandang Bintang Dua Emas di Pundak

Sebelum menduduki kembali Andriivka, Brigade Penyerang ke-3 militer Ukraina lebih dulu mengepung desa yang dijadikan garnisun Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) ini, dalam aksi yang diberi sandi "Operasi Kilat".

VIVA Militer: Ledakan akibat serangan Rusia di Andriivka

Photo :
  • mirror.co.uk
Pitch Black 2024, Penerbang Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU Akan 'Unjuk Gigi' di Australia

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Mirror, pasukan Ukraina sudah bergerak mengintai basis tentara Rusia di Andriivka selama dua hari, atau sejak Jumat 15 September 2023.

Namun demikian, sebuah insiden tak terduga justru membuat para tentara Rusia yang menjadi tahanan perang tewas mengenaskan.

Sebuah video 2 menit 3 detik dipublikasikan oleh Brigade Penyerang ke-3 militer Ukraina, yang menunjukkan detik-detik artileri Rusia menghantam prajuritnya sendiri. 

Tentara Rusia yang sudah menyerah diperintahkan tentara Ukraina untuk menelungkup di tanah, sambil menyita senapan serbunya. Akan tetapi, sesaat kemudian ledakan terjadi.

VIVA Militer: Kondisi desa Andriivka, Republik Rakyat Donetsk

Photo :
  • mirror.co.uk

"Kelompok penyerang dari batalion mekanis mengambil kelompok tahanan lain," bunyi pernyataan Brigade Penyerang ke-3 militer Ukraina.

"Pada saat yang sama, musuh menyadari bahwa desa (Andriivka) telah hilang dan tentaranya menyerah secara massal. (Rusia) memerintahkan untuk melepaskan menembak (rekan) mereka sendiri," katanya.

Menurut laporan lain yang dilansir VIVA Militer dari Kyiv Post, seorang tentara Rusia tewas dalam serangan itu. Sementara pasukan Ukraina lolos dari maut dan bahkan tak terluka sedikit pun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya