Pertahanan Kokoh Pasukan Rusia, 600 Lebih Tentara Ukraina Jadi Mayat

VIVA Militer: Tentara Ukraina mengevakuasi jenazah rekannya
Sumber :
  • thestar.com

VIVA – Kontak tembak antara pasukan Rusia dan unit militer Ukraina masih terus berlangsung di empat wilayah, Republik Rakyat Donetsk (DPR), Kherson dan Zaporizhzhia, Senin 26 Juni 2023.

Megawati Melawat ke Rusia dan Uzbekistan: Beri Kuliah Umum-Terima Gelar Doktor Kehormatan

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, Kementerian Pertahanan Rusia merilis data kerugian Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) saat melancarkan serangan balik di empat wilayah tersebut.

Lebih dari 30 kali militer Ukraina melancarkan serangan artileri berat ke wilayah Donetsk, pada Minggu siang 25 Juni 2023

Rusia Usir 6 Diplomat Inggris atas Tuduhan Mata-Mata

Tindakan pasukan Volodymyr Zelensky ini bertujuan untuk mendesak unit militer Rusia, dari sejumlah desa yang dijadikan basis serangan. Ukraina menembaki posisi tentara Rusia dari Orekhovo-Vasilievka, Kurdyumovka, Yagodnoe, Zaliznyanskoye dan Dubovo-Vasilievka.

VIVA Militer: Mayat tentara Rusia tergeletak di wilayah Ukraina

Photo :
  • Twitter/@manic_papa
Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Akan tetapi, aksi tersebut diklaim Kementerian Pertahanan Rusia gagal total. Pengerahan kelompok pasukan selatan, berhasil menjinakkan serangan tentara Ukraina di wilayah tersebut.

Hingga pada akhirnya pasukan Ukraina kocar-kacir dan mundur ke sejumlah daerah yakni Krasnogorovka, Avdiivka , Maryinka dan Pervomaiskoe. Kementerian Pertahanan Rusia memastikan sekitar 430 tentara Ukraina tewas dalam konfrontasi ini.

"Selama pertempuran, kerugian musuh berjumlah 430 prajurit Ukraina, 11 kendaraan tempur infanteri, tujuh kendaraan, tiga truk pikap, dan howitzer D-30," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Selain itu, militer Rusia juga diyakini berhasil menghancurkan depot senjata milik Brigade Mekanis ke-110 Angkatan Darat Ukraina yang terletak di daerah Avdiivka.

VIVA Militer: Tentara Ukraina mengevakuasi mayat rekannya

Photo :
  • nytimes.com

Sementara itu di kota Yuzhnodonetsk dan Zaporizhzhia pasukan Ukraina juga menelan kekalahan telak. Lebih dari 170 prajurit tewas dan selusin alat utama sistem persenjataan militer Ukraina juga hancur.

"Total kerugian musuh per hari di area ini berjumlah lebih dari 170 prajurit Ukraina, satu tank, empat kendaraan tempur lapis baja, tiga kendaraan, dua howitzer Msta-B, dua howitzer D-20, dan satu D-30," lanjut  pernyataan itu. .dalam ringkasan departemen militer Rusia.

Kemudian di arah Kherson, pasukan Rusia membunuh lebih dari 50 prajurit Ukraina dan menghancurkan dua kendaraan serta meriam M777 155 mm buatan Amerika Amerika Serikat (AS).

Selain itu, gudang amunisi Brigade Pertahanan Teritorial ke-126 Angkatan Bersenjata Ukraina juga luluh lantak dihantam artileri militer Rusia.

VIVA Militer: Tank T-64BM militer Ukraina hancur dihantam drone Rusia4

Photo :
  • reddit.com

"Di arah Kherson, akibat kerusakan akibat kebakaran, lebih dari 50 prajurit Ukraina, dua kendaraan, serta sistem artileri M777 buatan Amerika Serikat dihancurkan pada siang hari," lanjut pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Selain itu, gudang amunisi dari Pertahanan Teritorial ke-126 Brigade Angkatan Bersenjata Ukraina dihancurkan di dekat desa Kozatskoe, Wilayah Kherson," kata kementerian tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya