Wanita Pembom Istanbul Ternyata Didikan Intelijen Amerika

VIVA Militer: Tersangka bom Istanbul, Ahlam Al-Bashir
Sumber :
  • alarabiya.net

VIVA  –  Sebuah fakta terkuak terkait latar belakang Ahlam Al-Bashir, wanita yang ditangkap otoritas keamanan Turki. Albashir adalah pelaku bom yang terjadi di Istanbul, Minggu 13 November 2022 lalu.

Turki Dukung Iran Membela Diri Hadapi Potensi Konflik dengan Israel

Bom yang meledak di Jalan Istiklal, Istanbul, memperbaiki enam orang dan membuat 81 orang lainnya mengalami luka-luka. Sehari setelah insiden, Al-Bashir memiliki otoritas keamanan Turki bersama 50 orang lainnya.

Al-Bashir diduga adalah sosok yang memasang bom di Jalan Istiklal, sebelum ledakan terjadi. Siapa sangka, Al-Bashir ternyata mendapatkan pelatihan intelijen dari Amerika Serikat (AS).

Presiden Venezuela Sebut Netanyahu adalah Monster yang Diciptakan AS dan UE

Dilaporkan VIVA Militer dari media Turki, Yeni Safak , Albashir memisahkan di sekolah intelijen Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Ain al-Arab Di sana lah, Albashir menerima materi langsung dari agen intelijen Amerika dan dikabarkan sudah mengakuinya.

VIVA Militer: Lokasi ledakan bom di Jalan Istiklal, Istanbul

Photo :
  • wionews.com
Rapat Paripurna DPR, Herindra Sah Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

Albashir menyebut jika ia memiliki hubungan dengan Partai Pekerja Kurdistan cabang Suriah. Wanita itu juga tidak menyangkal, ia adalah seorang petugas intelijen khusus organisasi yang dicap Turki sebagai kelompok teroris.

Albashir mengaku memiliki hubungan dengan cabang PKK Suriah selama interogasi. Teroris mengatakan bahwa dia tahu di sekolah intelijen PKK di Ain al-Arab, Kobani, Suriah. 

Selain itu, Albashir juga menyatakan bahwa aksinya dalam bom Istanbul adalah perintah langsung dari pimpinan Partai Pekerja Kurdistan, Unit Pertahanan Rakyat (YPG) dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF). 

Untuk menjalankan misinya, Albashir memasuki Turki secara ilegal melalui Afrin Adlib, Suriah, sekitar Juli 2022 lalu. Seperti yang diketahui polisi, Albashir sempat berkeliling Istanbul dengan seorang pria yang juga anggota organisasi teroris PKK dengan samaran sebagai pasangan suami istri.

Presiden terpilih Prabowo Subianto

Sebelum Dilantik, Prabowo Sambut Hangat Utusan Joe Biden

Prabowo Subianto menyambut sejumlah tamu negara, termasuk utusan Presiden AS Joe Biden, yang menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung MPR.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2024