Rumah Loji di Kebun Kopi Ini Pernah Disinggahi Soekarno

Rumah loji Keboen Kopi Blitar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Blitar memiliki ragam wisata sejarah. Tak hanya itu, kota tempat presiden pertama Indonesia dimakamkan ini juga memiliki banyak bangunan tua peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik.

BPOB Bakal Jadikan Jawa Timur Destinasi Wisata Setara Bali

Salah satunya rumah loji. Sebutan rumah loji di Blitar digunakan untuk bangunan tempat tinggal warga Belanda ketika menjajah Indonesia. 

Salah satu rumah loji yang bisa Anda kunjungi terletak di kawasan wisata Keboen Kopi di Dusun Karang Anyar Timur, Desa Modangan, Blitar. Sebuah rumah besar yang dikelilingi perkebunan kopi ini memiliki perabotan lengkap dari zaman Belanda. Ada ruang tamu, ruang makan, juga ruang rapat.

Pakai Kimono, Khofifah Promosikan Taman Wisata Genilangit

Dulunya bangunan ini adalah rumah dinas milik Denny Rishadi, seorang pengusaha kopi yang membeli seluruh perkebunan kopi yang ada di daerah tersebut. Pada zaman kejayaannya, ternyata Soekarno pernah singgah dan menginap di salah satu kamar dalam rumah loji tersebut.

Salah satu pemandu wisata di Keboen Kopi mengatakan, desain kamar yang didominasi warna putih itu tak banyak berubah. Desain kamar pada waktu itu sengaja dibuat mirip dengan salah satu kamar hotel favorit Soekarno di Jakarta.

24 Januari- 24 Februari 2020, Bromo Steril dari Kendaraan Bermotor

"Walaupun bukan rumah yang ditinggali Bung Karno, namun beliau pernah datang ke rumah ini untuk (sekadar) beristirahat," ucapnya kepada VIVA.

Sejak Bung Karno menginap di sana, kamar tersebut kembali di-display dengan menambahkan beberapa barang dan perabotan peninggalan Soekarno yang dibawa dari hotel tersebut, termasuk bantal dan guling yang pernah dipakai beliau.

Ketika pertama kali VIVA masuk dalam ruangan tersebut, tampak sebuah lukisan Soekarno yang berukuran besar di sisi kamar. Seolah membuat kehadiran sosok Soekarno masih terasa. Tak jauh dari lukisan tersebut, terdapat topi dan tongkat yang biasa dipakai Bung Karno juga terlihat masih terawat dan ditempatkan dalam kotak kaca. 

Tempat tidur, lemari, meja, karpet, lampu, hingga bantal guling yang pernah digunakan Bung Karno pun menambah sakral suasana. Yang unik, ada sebuah lukisan wanita dengan tanda tangan Soekarno di bagian bawahnya.

"Hingga kini masih menjadi rahasia, siapa identitas wanita yang ada di dalam lukisan tersebut. Namun lukisan ini diduga merupakan karya asli Bung Karno, karena terdapat tanda tangan asli dari Bung Karno," ucapnya. 

Jika tertarik mampir ke tempat ini, Anda jangan khawatir bosan, karena selain rumah loji, tempat wisata Keboen Kopi ini juga menyediakan wisata edukasi mengenal tanaman kopi. Anda bisa mempelajari cara menanam, dan mengolah biji kopi hingga menjadi kopi bubuk yang kita konsumsi setiap hari.

Liburan akhir pekan jangan ke situ-situ saja. Coba deh, liburan murah tapi keren banget di Pangalengan, ada sunrise hingga spot yang Instagram-able banget!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya