Perkuat Pesona Wisata, Labuan Bajo Bakal Punya Merek Sendiri

Pulau Padar Labuan Bajo NTT
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA – Sebagai salah satu daerah dengan potensi pariwisata yang cukup menarik, Kementerian Pariwisata akan menetapkan merek (brand) destinasi untuk Labuan Bajo. Rencananya, merek ini akan diluncurkan pada awal 2018. 

Berencana Liburan di Labuan Bajo Jelang Nataru, BMKG Keluarkan Imbauan Waspada Cuaca Ekstrem

Rencana ini dibahas pada Sosialisasi Branding Destinasi Labuan Bajo yang diselenggarakan pada Senin, 11 Desember 2017 di aula Sylvia Resort Komodo, Labuan Bajo. Merek destinasi Labuan Bajo ini akan menonjolkan kadal purba, Komodo, sebagai destinasi utama dari wilayah ini dan kekayaan lain, seperti keindahan alam serta keunikan budayanya. 

Freddy H. Tulung, konsultan Kemenpar untuk penyusunan strategi branding destinasi Labuan Bajo, mengatakan, merek diperlukan karena berkaitan dengan reputasi suatu destinasi pariwisata. Merek ini juga mampu menambah daya tarik wisatawan.

Dampak Abu Vulkanik Gunung Lewatobi, Ratusan Turis Asing di Labuan Bajo Pindah ke Bali Lewat Jalur Laut

Selain itu, menurut dia, merek destinasi diperlukan untuk semakin spesifik memperkenalkan daya tarik destinasi wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat .

"Branding ini menjadi salah satu pilar dari yang disebut nation branding, yang terdiri atas tourism, trade, dan investasi. Labuan Bajo memenuhi tiga brand itu. Oleh karena itu, pendekatannya harus konsisten dan tidak bisa jalan sendiri-sendiri," kata Freddy.

Bandara Komodo Dibuka Lagi setelah Dipastikan Negatif Paparan Abu Vulkanik Gunung Lewotobi

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Theo Suardi, mengatakan, penetapan merek untuk destinasi wisata Labuan Bajo ini sangat penting, karena Labuan Bajo memiliki banyak potensi wisata yang perlu diperkenalkan ke dunia.

Ia menyebutkan, selain branding, Kementerian Pariwisata juga telah menetapkan iklan dan penjualan sebagai pendekatan utama untuk memasarkan pariwisata Labuan Bajo ke dunia.

"Kami berharap hari ini sepakat untuk bersama-sama menetapkan branding destinasi Labuan Bajo sebagai titik awal promosi dari seluruh pemangku kepentingan. Kami akan fokus pada satu branding," kata Theo di Labuan Bajo, Senin, 11 Desember 2017. 

Laporan: Vera Bahali, Labuan Bajo

Liburan sudah jadi keharusan di akhir tahun seperti saat ini. Jangan khawatir kalau kantong tipis. Soalnya ada satu destinasi murah, tapi seru banget. Yup lihat saja langsung di video VIVA ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya