Dukung Hari Pers, Kemenpar Gelar Pameran di Ambon
- Al Amin/VIVA.co.id
VIVA.co.id – Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari mendatang, acara yang akan dilaksanakan di Ambon tanggal 4-10 Februari mendatang sepertinya akan semakin bertambah meriah.
Hal ini karena, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mendukung acara tersebut, dengan menggelar dua pameran sekaligus yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-9 Februari 2017 di Lokasi HPN tepatnya Lapangan Merdeka, Ambon.
Esty Reko Astuti selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara mengatakan acara tersebut untuk mempererat hubungan Kemenpar dengan media guna meningkatkan promosi pariwisata Indonesia di mata dunia.
”Kami akan menggelar dua pameran dengan tema yang berbeda. Poin utamanya adalah, mendukung pelaksanaan Hari Pers Nasional agar semakin bermanfaat bagi semua pihak dan memiliki value yang tinggi untuk Pariwisata Indonesia. Karena ini adalah acara besar, yang juga pasti akan berdampak besar,” ujar Esthy Reko Astuti dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 31 Januari 2017.
Esthy menjelaskan, pameran-pameran tersebut hasil kerja dari Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara dan Asdep Segmen Bisnis Pemerintah Kemenpar. Pameran pertama, Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu akan mempersiapkan booth menarik dengan ukuran 3X12 Meter dan mengusung tema Pameran Summa Orientale 500 Tahun Perjalanan Jalur Rempah.
”Tema ini sangat legendaris di Ambon, dan sudah sangat mengakar yakni Jalur Rempah. Kita akan mengangkat Jalur Rempah ini sebagai daya tarik Pariwisata. Tujuannya jelas untuk mengetahui secara singkat sejarah perdagangan rempah di Indonesia dan tentunya untuk memperkenalkan potensi pariwisata di Maluku,” katanya.
Untuk isi pamerannya Esthy memaparkan, pihaknya siap untuk membuat puas para pengunjung HPN yang akan dihadiri oleh banyak petinggi media tersebut. Pameran nantinya akan diisi peta pelayaran jalur rempah, Patung Portugis, Image Biota Laut, Perjanjian Breda, Dokumentasi Rempah-Rempah Maluku dan Video Jalur Rempah.
Untuk pameran yang kedua, Kementerian yang branding-nya sukses menyalip Amazing Thailand dan Trully Asia Malaysia itu akan mempersiapkan booth 3x6 meter di tempat dan waktu yang sama. Kata Esthy, pameran tersebut rencananya akan mengusung branding Tanah Air terkait 10 Bali Baru alias mengusung tema Pameran Promosi 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Nusantara.