Istana Batu ini Sempat Dijuluki Kota Terindah di Dunia

Sarai Batu, Rusia
Sumber :
  • Instagram, ruspoint

VIVA.co.id – Sebuah kota kuno dan unik berlokasi di sekitar sungai Volga, Rusia. Dulunya kota ini adalah ibu kota dari Golden Horde, daerah kekuasaan kerajaan Mongol yang dibangun dari pertengahan abad 13 hingga akhir abad 14.

Rekomendasi Wisata Anti-Mainstream di 5 Tempat Kelahiran Pahlawan Nasional

Kota ini diberi nama Sarai Batu yang artinya Istana Batu. Kota ini dibangun pada 1240 oleh Batu Khan, cucu dari Gengis Khan. Saat itu, kota Sarai Batu dihuni oleh 75.000 orang dan termasuk kota terbesar di abad pertengahan.

Seorang wisatawan pada abad 13 asal Arab Saudi, dalam catatannya menyebut kota ini sebagai salah satu kota terindah di dunia. Salah satu bangunan memiliki ukuran yang tidak biasa, penduduknya ramai dan dihiasi dengan pasar yang indah. Karena masyarakatnya yang multikultural di kota tersebut terdapat 13 masjid dan 13 katedral. Para pedagang yang datang juga berasal dari berbagai penjuru dunia, seperti Irak, Mesir, Suriah, Yunani.

7 Tujuan Wisata untuk Mengenang Sejarah Indonesia, Wajib Dikunjungi

Pada abad 14, kota ini sempat ditinggalkan dengan alasan yang masih belum diketahui. Para penduduk pindah ke daerah baru berjarak 180 km dari kota Sarai Batu, yaitu Sarai Berke atau Sarai Baru. Zaman dahulu, kota-kota besar banyak menarik perhatian musuh. Pada 1556, kota Sarai dihancurkan oleh raja Rusia, Ivan IV.

Setelah sempat hancur, kota ini kembali hidup untuk keperluan pembuatan film berjudul The Horde. Replika kota Sarai Batu dibuat. Setelah proses pembuatan film dilakukan, replika kota tersebut tidak dihancurkan melainkan dijadikan situs bersejarah oleh pemerintah setempat dan menarik perhatian para wisatawan.

Candi Darling, Aksi Nyata Pelestarian Bumi Para Generasi Muda

Rumah-rumah dan berbagai bangunan yang ada di sana memang terlihat seperti terbuat dari tanah liat, namun sebenarnya bangunan tersebut dibuat dari kayu dan semen yang kemudian ditutupi oleh tanah liat. Saat ini, replika kota Sarai juga dijadikan sebagai museum.

Ilustrasi masjid.

Isi Libur Lebaran, Yuk Jelajahi Sejarah Islam dengan Cara Seru dan Edukatif

Libur Lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih. Selain bersilaturahmi, mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang edukatif.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024