Inisiatif Komunitas Lokal Kunci Majukan Sektor Pariwisata Asia Pasifik

Thailand Floating Market 2
Sumber :
  • ist

Jakarta, VIVA – Merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Klook, platform terkemuka di Asia untuk pengalaman dan layanan pariwisata, memanfaatkan skala operasinya untuk memperkenalkan berbagai inisiatif yang mendorong dampak positif, mempromosikan pariwisata berkelanjutan, dan mendukung komunitas lokal.

Pemerintah Tata Ulang Kawasan Borobudur Jadi Berkelas Global, Intip Perubahannya

Sebuah studi independen oleh Oxford Economics, firma analisis ekonomi terkemuka dunia, mencerminkan dampak signifikan dari operasi perusahaan di luar platform itu sendiri. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Pada tahun 2023, layanan Klook berkontribusi sekitar USD7,2 miliar terhadap PDB dan mendukung lebih dari 219.000 pekerjaan di Asia Pasifik, menegaskan perannya yang penting sebagai mesin ekonomi di sektor pariwisata wilayah tersebut.

Jelang Penutupan PON 2024, Atlet Nikmati Layanan Transportasi Wisata Gratis

Dengan menghubungkan mitra dengan pelanggan yang mungkin tidak terjangkau sebelumnya, Klook menciptakan gelombang aktivitas ekonomi di berbagai sektor dalam industri pariwisata, mulai dari pengalaman, hiburan, hingga transportasi, dan lainnya.

Klook Boracay Boat

Photo :
  • ist
Anindya Bakrie Jadi Ketum Kadin, Sektor Pariwisata Diyakini Bertumbuh Cepat

Ethan Lin, CEO dan Co-Founder Klook mengatakan, “Tahun-tahun pertama kami fokus pada pembangunan platform global yang tidak hanya memberikan pengalaman tak terlupakan, tetapi juga mendukung komunitas lokal yang kami jalin kerja sama. Dengan lebih dari 80% mitra kami yang merupakan usaha kecil dan menengah yang merupakan tulang punggung pariwisata lokal, kami berkomitmen untuk menciptakan peluang ekonomi yang nyata bagi komunitas ini sehingga kami dapat memastikan masa depan pariwisata yang lebih kuat dan berkelanjutan di Asia.”

Mendukung Perjalanan yang Bertanggung Jawab

Membangun kesuksesannya, Klook memanfaatkan skala operasinya untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan terhadap lingkungan dan komunitas lokal.

Sebagai anggota baru dari Global Sustainable Tourism Council (GSTC), Klook akan mempromosikan praktik berkelanjutan pada sektor pariwisata.

Eric Gnock Fah, Presiden dan Co-Founder Klook menambahkan, "Ketika kami merayakan ulang tahun ke 10 tahun, komitmen kami untuk menjadikan pariwisata sebagai kekuatan untuk kebaikan semakin kuat. Kami memperkenalkan inisiatif baru yang dapat membentuk masa depan pariwisata yang lebih inklusif, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. Melihat ke depan, fokus kami adalah memperdalam hubungan antara wisatawan dan komunitas lokal, melestarikan warisan budaya, serta memberdayakan banyak orang yang bergantung pada pariwisata untuk mata pencaharian mereka."

Inisiatif baru ini mencakup penerapan standar baru untuk pariwisata ramah lingkungan dengan bekerja sama dengan bisnis yang mengutamakan praktik berkelanjutan, termasuk program untuk meningkatkan kesejahteraan hewan di tempat perlindungan gajah, serta memberikan ribuan tur lokal gratis yang dipimpin oleh para ahli untuk menyoroti warisan budaya dan mendukung usaha kecil dalam ekosistem pariwisata.

Dengan lebih dari 200 kegiatan berkelanjutan yang tersertifikasi hingga saat ini, para wisatawan akan memiliki lebih banyak peluang dan opsi untuk membuat pilihan yang ramah lingkungan di berbagai destinasi.

Thailand Floating Market 2

Photo :
  • ist

Kegiatan-kegiatan ini mematuhi standar keberlanjutan yang diakui secara internasional dan akan memberdayakan para wisatawan untuk membuat pilihan yang sejalan dengan nilai-nilai mereka, mendorong masa depan di mana eksplorasi dan pengelolaan lingkungan berjalan beriringan.

Untuk lebih memperkuat komitmennya terhadap pariwisata yang bertanggung jawab, Klook mengambil sikap tegas mengenai kesejahteraan hewan. Salah satunya dengan memperkenalkan serangkaian penilaian untuk pariwisata yang melibatkan gajah.

Penilaian ini dikembangkan dengan berkonsultasi dengan Asian Captive Elephant Standards (ACES), yang merupakan para ahli di bidang kesejahteraan gajah yang ditangkap.

Upaya Klook melampaui akreditasi, dengan aktif bekerja sama dengan mitra lokal untuk meningkatkan standar perawatan dan dukungan bagi hewan serta komunitas tempat mereka beroperasi.

Pada peluncurannya, 12 tempat perlindungan gajah sudah menjadi bagian dari program ‘Klook Assessed’ yang baru, dan diharapkan lebih banyak tempat untuk ikut bergabung.

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Klook menawarkan ribuan tur pariwisata lokal gratis kepada para wisatawan, untuk memperlihatkan komunitas lokal yang telah berperan penting terhadap kesuksesannya.

Pengalaman tur ini akan dipimpin oleh pemandu tur ahli lokal untuk memberikan para wisatawan pandangan autentik tentang warisan budaya yang kaya di setiap destinasi, mulai dari tur jalan kaki di Seoul hingga tradisi kuliner di Chiang Mai, dan diharapkan mampu mendorong pengalaman perjalanan yang lebih inklusif dan bermakna.

Dengan menyoroti kegiatan-kegiatan ini di platformnya, Klook telah membantu mitra lokal memperluas jangkauan mereka dengan mendorong pertumbuhan bagi usaha kecil dalam ekosistem pariwisata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya