Kucing-kucing Imut di Pulau Kucing Jepang Terancam Punah: Apa yang Terjadi?

Pulau Kucing atau Pulau Aoshima di Jepang
Sumber :
  • GaijinPot Travel

Jepang, VIVA –  Akhir yang memilukan bagi sebuah pulau yang dulunya merupakan rumah bagi ratusan kucing dan manusia. Jepang terkenal dengan pulau-pulau kucingnya, dengan hampir selusin daratan kecil yang mendapat julukan tersebut karena populasi kucing liarnya yang besar. Namun, salah satu yang paling terkenal, Cat Island di Pulau Aoshima, yang terletak 30 menit perjalanan menggunakan kapal feri dari pantai Kota Ozu di Prefektur Ehime Jepang, baru-baru ini menjadi berita utama dengan mengumumkan bahwa semua kucingnya akan punah dalam beberapa tahun ke depan.

Banjir di Jepang, 6 Orang Tewas dan 10 Lainnya Hilang

Dikutip laman soranews24, 23 September 2024, pengumuman ini muncul enam tahun setelah pulau tersebut mulai mengebiri hewan-hewan liar tersebut berdasarkan rekomendasi dari Aoshima Cat Protection Society, yang menganggap bahwa populasi kucing yang berjumlah 130 ekor terlalu besar untuk dirawat oleh 13 penduduk pulau tersebut, terutama mengingat usia rata-rata populasi manusia adalah 75 tahun.

“Mama Kucing” penduduk Aoshima adalah salah satu penduduk yang memberikan banyak perawatan untuk hewan-hewan tersebut, dan bahkan membersihkan kotoran mereka dari jalan-jalan di seluruh pulau seluas 0,49 kilometer persegi (0,19 mil persegi) tersebut setiap hari sehingga tempat tersebut tampak bersih dan rapi bagi wisatawan. Namun, dengan menurunnya jumlah wisatawan, dan perjalanan dengan perahu dari daratan utama seringkali dibatalkan karena kendala cuaca buruk, ada risiko kucing-kucing tersebut akan kelaparan, jadi Mama Kucing yang berusia 73 tahun tersebut menyimpan makanan untuk kucing-kucing tersebut sepanjang tahun untuk memastikan mereka tidak akan pernah kelaparan.

Beri Kuliah Umum di Jepang, Anies Baswedan Berpesan Aktif Kawal Demokrasi Indonesia

Sejak 2013, Cat Mama telah memainkan peran besar dalam menyediakan tempat berlindung yang aman bagi hewan-hewan berbulu ini. Tetapi karena usianya yang semakin tua, surga kucing ini sudah terhitung. Tweet  yang ramai rupanya tidak mengada-ada dengan fakta mengatakan, "Ketika 'Cat Mama' meninggalkan pulau ini karena usia tua, maka Pulau Kucing akan berakhir."

Asal-usul Walkie Talkie yang Meledak dan Tewaskan Puluhan Orang di Lebanon

Aoshima memperkirakan bahwa Pulau Kucing hanya akan bertahan selama dua tahun, dan itu bukan hanya karena penduduknya yang menua, karena kucing-kucingnya juga menua, dengan masing-masing dari mereka sekarang berusia lebih dari tujuh tahun. Situasinya sangat berbeda dengan masa lalu, ketika pulau ini ramai dengan 655 penduduk manusia pada tahun 1960, tetapi dalam beberapa dekade, penduduknya telah pergi ke daratan utama, yang menyebabkan pulau ini menjadi penuh dengan kucing liar dari rumah-rumah terlantar, dan sekarang, jumlah penduduk manusia dan kucing berada pada titik terendah yang pernah ada.

Kelangsungan hidup pulau ini di masa mendatang juga dipertanyakan, seperti yang ditunjukkan oleh cuitan di bawah ini, yang menarik perhatian pada berakhirnya ketenaran situs tersebut sebagai "Pulau Kucing".

Cuitan tersebut berbunyi:

"Masa Depan Pulau Kucing. Jumlah kucing secara bertahap berkurang. Kucing-kucing semakin tua. Saat ini, kucing-kucing di pulau ini semuanya berusia lebih dari tujuh tahun. Sejak sterilisasi yang dilakukan pada Oktober 2018, tidak ada anak kucing yang lahir. Kami pikir kucing-kucing itu akan menyeberangi jembatan pelangi dalam beberapa tahun. Saat ini ada lima penduduk di pulau ini. Karena wisatawan berhenti datang ke pulau ini, akan ada pembicaraan tentang pengurangan atau bahkan pembatalan layanan feri reguler. Ketika 'Mama Kucing' menjadi tua dan meninggalkan pulau ini, maka berakhirlah Pulau Kucing."

"Ini adalah kisah yang menyedihkan, dan meskipun banyak yang berharap setiap kucing dapat menjalani hidup mereka di pulau ini dengan bahagia, itu akan menjadi terakhir kalinya kami melihat Pulau Kucing. Sebentar lagi, ini akan menjadi satu-satunya jejak kucing yang tinggal di sana."

Dengan "menyeberangi jembatan pelangi" sebagai eufemisme untuk kematian hewan peliharaan, orang-orang di seluruh Jepang bersedih mendengar berita itu, tetapi juga memahami situasinya.

Pulau Kucing di Jepang

Photo :
  • japan-magazine

"Menyedihkan, tetapi... tidak ada yang bisa dilakukan. Saya tidak tahu hanya ada lima orang di pulau itu. Saya ingin berkunjung."

"Jadi begitulah keadaan pulau kucing. Sulit ketika jumlah kucing terus bertambah, tetapi menyedihkan melihat mereka pergi."

"Menyedihkan tidak bisa lagi melihat kucing, tetapi ini pilihan yang tepat."

"Saya selalu ingin pergi ke Pulau Kucing. Saya rasa tempat-tempat seperti ini pun sudah menua. Saya harap semua kucing bahagia."

"Jika kita dapat menemukan penerus yang mencintai kucing dan dapat merawatnya, mungkin saatnya akan tiba bagi Pulau Kucing untuk dihidupkan kembali?"

Meskipun akan menyenangkan melihat pulau ini hidup kembali dengan populasi manusia yang besar yang dapat mendukung kucing-kucing yang berkeliaran bebas, pada kenyataannya akhir sudah dekat untuk Pulau Kucing kecil ini. Jadi jika Anda ingin mendukung kucing-kucing dan lima penghuninya saat ini, Anda harus mengunjunginya dalam beberapa tahun ke depan, sebelum semua kehidupan di pulau ini menghilang, bersamaan dengan layanan feri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya