5 Harga Tiket Pesawat Termahal Rute Domestik di Indonesia

Ilustrasi maskapai penerbangan.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, VIVA – Masyarakat Indonesia belakangan ini sering mengeluhkan perihal harga tiket pesawat yang mahal. Terutama ketika di musim liburan seperti pertengahan tahun ketika libur sekolah dan akhir tahun ketika Natal dan Tahun Baru.

Turkish Airlines Gagal Sediakan Keranjang Bayi, Ibu Ini Terpaksa Gendong Anaknya 11 Jam di Pesawat

Kenaikan harga pesawat yang drastis ini diduga berkaitan dengan mahalnya harga bahan bakar avtur yang belakangan kian menuai sorotan.

Sebelumnya, CEO AirAsia Tony Fernandes mengungkapkan alasan harga tiket pesawat di Indonesia lebih mahal dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

Rapat dengan Wamen Investasi UEA, Menhub Budi Bakal Buka Rute Penerbangan UEA-Labuan Bajo

Bahkan untuk penerbangan domestik saja harganya tembus Rp2-5 juta untuk sekali penerbangan. Tony mengatakan bahwa ini berkaitan dengan harga avtur yang terlalu tinggi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Berdasarkan pantauan VIVA dari sejumlah situs pemesanan tiket daring, ada beberapa penerbangan dari berbagai maskapai yang harganya di atas Rp1 juta untuk penerbangan domestik.

Komitmen Pertamina Patra Niaga Layani Kebutuhan Avtur Maskapai Penerbangan

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini adalah 5 rute penerbangan domestik dari Jakarta termahal untuk tanggal 10 September 2024.

Jakarta - Jayapura

Rute penerbangan dari Jakarta ke Jayapura paling mahal dibanderol dengan harga Rp5,6 juta menggunakan maskapai Garuda Indonesia yang menempuh perjalanan selama 5 jam 20 menit.

Sedangkan, tarif termurah untuk rute yang sama adalah Rp3,7 juta menggunakan maskapai Batik Air dengan durasi perjalanan selama 6 jam 50 menit.

Ilustrasi harga tiket pesawat pendorong inflasi.

Photo :
  • Viva.co.id/ Sherly (Tangerang)

Jakarta - Palangkaraya

Untuk pergi ke ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah dari Jakarta, harga tiket termahal adalah Rp 3.2 juta menggunakan maskapai Citilink yang transit di Surabaya sehingga memakan waktu selama 21 jam 25 menit. Sedangkan harga termurahnya adalah sebesar Rp1,1 juta untuk perjalanan selama 1 jam 45 menit menggunakan maskapai Lion Air.

Jakarta - Aceh

Di urutan ke tiga, ada rute domestik dari Jakarta ke Aceh yang harga termahalnya tembus di angka Rp2,8 juta dengan maskapai Batik Air dan durasi perjalanan selama 2 jam 50 menit.

Sedangkan, harga termurah untuk rute yang sama dibanderol dengan harga Rp2,5 juta dengan durasi perjalanan selama 2 jam 55 menit menggunakan maskapai Pelita Air.

Jakarta - Medan

Menjadi salah satu tujuan wisata populer, rute penerbangan dari Jakarta ke Medan tembus di angka Rp2,3 juta menggunakan maskapai Batik Air dengan durasi perjalanan selama 2 jam 20 menit.

Sementara itu, tarif termurah adalah menggunakan maskapai Super Air Jet yakni Rp 1,5 juta dengan durasi perjalanan selama 2 jam 20 menit.

Jakarta - Balikpapan

Rute Jakarta ke Balikpapan per September ini tembus di angka Rp 2,3 juta dengan durasi perjalanan selama 7 jam 45 menit menggunakan maskapai Batik Air.

Untuk perjalanan ini, ada transit di Surabaya sebelum nantinya melanjutkan penerbangan ke Balikpapan.

Selain itu, harga termurah dibanderol sebesar Rp 1,4 juta dengan maskapai Citilink yang berdurasi 2 jam 10 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya