Tips Packing Efektif Saat Naik Pesawat, Hindari Over Bagasi

Ilustrasi packing hindari over bagasi
Sumber :
  • Baller

VIVA – Packing untuk perjalanan udara bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Anda ingin memastikan semua kebutuhan Anda terpenuhi tanpa membawa terlalu banyak barang. Tidak jarang, penumpang terjebak dalam situasi di mana mereka membawa lebih dari yang dibutuhkan, yang akhirnya bisa berujung pada biaya tambahan untuk over bagasi.

Korea Selatan Masih Destinasi Favorit, Travel Fair Ini Beri Promo Tiket Jakarta-Seoul Rp3,7 Jutaan

Over Bagasi adalah kondisi di mana barang bawaan penumpang melebihi batas berat atau ukuran yang diizinkan oleh maskapai penerbangan. Jika terjadi, penumpang akan dikenakan biaya tambahan berdasarkan kelebihan berat atau dimensi bagasi. Setiap maskapai memiliki aturan dan tarif berbeda untuk over bagasi, yang bisa cukup mahal, terutama pada rute internasional.

Untuk menghindari biaya ini, pastikan Anda mengetahui batasan bagasi yang ditetapkan maskapai sebelum packing, dan pertimbangkan untuk membeli kapasitas bagasi tambahan jika diperlukan, lebih murah daripada membayar di bandara. Untuk membantu Anda menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa tips packing yang efektif, tips agar tidak over bagasi, serta saran tambahan yang bisa Anda terapkan.

7 Rekomendasi Villa Dekat Taman Safari dengan Harga Terjangkau

Tips Packing Efektif

Packing merupakan salah satu proses pertama saat Anda akan pergi berlibur. Untuk itu, packing perlu dilakukan dengan baik dan benar agar Anda tidak terkena over bagasi. Di sisi lain, Anda juga perlu memahami peraturan bagasi tiap maskapai.

Jangan Lewatkan! 7 Tips Penting Menikmati Formula 1 Singapore Airlines Singapore Grand Prix 2024

Contohnya, Lion Air menyediakan garasi gratis hingga 20kg untuk para penumpangnya. Jika lebih dari kapasitas tersebut, maka Anda perlu merogoh kocek lebih untuk mendapatkan kapasitas lebih.

1. Buat Daftar Barang yang Akan Dibawa

Langkah pertama yang sangat penting adalah membuat daftar barang yang akan dibawa. Dengan daftar ini, Anda bisa memastikan bahwa Anda tidak melupakan hal-hal penting dan tidak membawa barang yang tidak dibutuhkan. Daftar ini juga membantu Anda untuk tetap fokus pada barang-barang yang memang perlu dibawa.

2. Pilih Pakaian dengan Bijak

Pilihlah pakaian yang serbaguna dan bisa dipadupadankan. Misalnya, pilih atasan yang bisa dipakai dengan beberapa bawahan yang berbeda. Selain itu, pertimbangkan untuk membawa pakaian yang tidak mudah kusut dan ringan, sehingga tidak memakan banyak tempat di dalam koper.

3. Gunakan Teknik Gulung Pakaian

Salah satu cara efektif untuk menghemat ruang di dalam koper adalah dengan menggulung pakaian, bukan melipatnya. Teknik ini tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga membantu mengurangi kerutan pada pakaian. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan ruang-ruang kecil di dalam koper untuk menyisipkan aksesori atau pakaian dalam.

Tips Packing Agar Tidak Over Bagasi

● Kenali Batasan Bagasi Maskapai

Sebelum packing, pastikan Anda mengetahui batasan berat dan ukuran bagasi yang diperbolehkan oleh maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Informasi ini biasanya tersedia di situs web maskapai dan bisa bervariasi tergantung pada jenis tiket yang Anda beli. Dengan mengetahui batasan ini, Anda bisa menyesuaikan barang bawaan Anda agar tidak melebihi ketentuan.

● Prioritaskan Barang-Barang Penting

Saat packing, pisahkan barang-barang yang benar-benar diperlukan dan yang mungkin bisa ditinggalkan. Misalnya, jika Anda hanya berencana untuk menginap selama beberapa hari, Anda mungkin tidak perlu membawa banyak sepatu atau pakaian formal. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari membawa barang-barang yang berlebihan.

● Manfaatkan Bagasi Kabin

Selain bagasi yang dimasukkan ke dalam kargo, Anda juga bisa membawa bagasi kabin. Manfaatkan ruang di tas kabin untuk menyimpan barang-barang penting seperti dokumen perjalanan, gadget, obat-obatan, dan pakaian ganti. Pastikan barang-barang ini juga sesuai dengan batasan ukuran dan berat yang diperbolehkan di kabin.

Saran Saat Packing

● Bawa Alat Kebersihan dengan Ukuran Travel

Pastikan semua alat kebersihan seperti sampo, sabun, dan pasta gigi yang Anda bawa berukuran travel atau mini. Selain lebih praktis, ukuran ini juga mematuhi peraturan penerbangan terkait cairan di dalam kabin. Anda bisa membeli wadah kecil yang bisa diisi ulang untuk menghemat ruang dan berat.

● Pertimbangkan Cuaca dan Kegiatan

Sesuaikan pakaian dan perlengkapan yang Anda bawa dengan cuaca dan aktivitas yang akan dilakukan di tempat tujuan. Jika Anda berencana untuk berlibur ke tempat yang dingin, pastikan untuk membawa jaket tebal, tetapi jangan membawa terlalu banyak pakaian hangat jika tidak dibutuhkan. Sebaliknya, jika Anda bepergian ke tempat yang panas, prioritaskan pakaian yang ringan dan bernapas.

● Gunakan Kantong Organizer

Agar packing lebih teratur, gunakan kantong-kantong organizer atau packing cubes. Kantong ini membantu Anda memisahkan pakaian, aksesoris, dan barang-barang lainnya dengan lebih rapi, sehingga lebih mudah untuk diambil saat dibutuhkan. Selain itu, penggunaan kantong organizer juga bisa membantu mengurangi volume barang bawaan Anda.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda bisa melakukan packing dengan lebih efektif dan terhindar dari masalah over bagasi. Ingat, packing yang baik adalah packing yang efisien, di mana Anda membawa semua yang dibutuhkan tanpa membawa barang-barang yang tidak perlu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya