Pameran AKI 2024 di Batam Sukses Besar, Banjir Order dari Wisatawan Singapura dan Malaysia

Menparekraf Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Kemenparekraf.

Batam, VIVA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Mega Mall, Batam, pada 2-4 Agustus 2024.

Wujudkan Harmoni Budaya Indonesia-India, Pameran Lukisan Dubes Jayant Khobragade Hadir di Jakarta

Acara yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan, termasuk pembeli dari Singapura dan Malaysia, serta menjadi ajang promosi produk-produk kreatif lokal ke pasar internasional. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa berkat keputusan memindahkan acara ini ke Batam mereka langsung mendapat order dari wisatawan mancanegara seperti dari Singapura juga Malaysia. Dan sebagian dari produknya dalam 3 hari penyelenggaraan sudah habis terjual. 

Dihadiri Menteri Sandiaga dan Rosan, Pengusaha Muda Ini Luncurkan Brand Furniture Target Global

Hal ini kata Sandiaga, menunjukkan program yang dihadirkan Kemenparekraf/Baparekraf sebagai program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Menparekraf berharap para peserta Pameran AKI Tanjung Pinang bisa memanfaatkan momentum ini untuk meraih pasar ekspor. 

Hadirkan Ribuan Produk Inovatif, Asia Gift Fair Indonesia 2024 Gaungkan Kolaborasi dan Investasi

"Kita ingin produk-produk UMKM Kepulauan Riau ini bisa tampil sebagai andalan kita untuk menambah jumlah ekspor produk-produk ekonomi kreatif kita yang tahun ini ditargetkan mencapai US$28 miliar,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, dikutip Kamis 15 Agustus 2024. 

Pameran AKI 2024 Tanjung Pinang menampilkan berbagai produk unggulan dari subsektor fesyen, kerajinan tangan, kuliner, aplikasi, musik, dan film. Total ada 30 peserta yang berpartisipasi, dengan rincian 15 kuliner, 6 kriya, 4 fesyen, 1 aplikasi, 2 musik, dan 2 film. 

Produk-produk ini mendapat sambutan positif dari para pengunjung, termasuk wisatawan asing yang tertarik untuk membeli dan membawa pulang sebagai oleh-oleh. Keberagaman produk yang dipamerkan menunjukkan betapa kaya dan kreatifnya para pelaku industri kreatif di Indonesia.

Kesuksesan Pameran AKI 2024 di Batam juga membawa dampak ekonomi yang signifikan bagi daerah sekitarnya. Selain peningkatan pendapatan dari penjualan produk, acara ini juga mendorong pergerakan wisatawan dan konsumsi lokal yang memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian daerah. 

"Kami berharap acara seperti ini dapat terus diselenggarakan secara rutin dan menjadi agenda tahunan yang dinantikan, tidak hanya oleh para pelaku industri kreatif tetapi juga oleh masyarakat luas dan wisatawan mancanegara,” tutur Sandiaga Uno. 

Selain menampilkan produk kreatif, Pameran AKI 2024 juga menyelenggarakan berbagai talkshow dan workshop yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keberlanjutan dan inovasi dalam industri kreatif. Narasumber yang hadir termasuk Chef Norman dalam Funtalk Kuliner, Joni Astin dalam Funtalk Film, dan Rachmat Anggara dalam demo aplikasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya