Liburan ke Bali Naik Kereta Tanpa Perlu Transit di Surabaya, Begini Caranya!

Nusa Penida, Bali
Sumber :
  • Instagram/nusa_penida_island

Jakarta, VIVA – Perpanjangan rute Kereta Api Blambangan Ekspres merupakan kabar gembira bagi para pengguna jasa kereta api, khususnya mereka yang memiliki tujuan perjalanan ke Bali. Dengan penambahan rute ini,masyarakat kini memiliki opsi transportasi yang lebih nyaman dan efisien untuk menjangkau kota tersebut.

Sejoli Asal Thailand Dibekuk Bawa Narkoba 1,692 Kg ke Bali, Keduanya Bukan Kurir

Sebelumnya, jika ingin berlibur ke Bali dari Jakarta, pertama kamu harus datang ke Stasiun Pasar Senen kemudian transit ke Stasiun Surabaya Gubeng, lalu  dengan tiket kereta yang berbeda, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Ketapang, Banyuwangi. Setelah itu, dari Pelabuhan Ketapang yang jaraknya hanya beberapa meter dari Stasiun Ketapang, kamu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal untuk menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Sementara itu, dengan rute baru dari KAI ini, kamu cukup perlu berangkat dengan KA Blambangan Ekspres ke Stasiun Ketapang tanpa perlu transit. Barulah melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk. Di Gilimanuk kamu memang sudah sampai Bali, tetapi jika ingin menjangkau pusatnya Bali kamu bisa menggunakan bis di Terminal Gilimanuk dengan tujuan Terminal Ubung dengan harga Rp50.000-Rp70.000.

Nikmati Wagyu Hingga Lamb Chop Lembut Ditemani Pemandangan Pantai Sawangan Bali

KA Blambangan Ekspres

Photo :
  • KAI

KA Blambangan Ekspres dengan rute baru Pasar Senen-Ketapang akan melewati sejumlah stasiun penting, seperti Stasiun Surabaya Gubeng,Stasiun Semarang Tawang, dan Stasiun Cirebon. Hal ini memungkinkan penumpang untuk bukan hanya pergi ke Bali dari Jakarta, melainkan naik di stasiun pilihan sesuai dengan jarak yang terdekat dari tempat tinggal.

Gak Perlu Booking Hotel Semalaman, Ini Tips Pilih Tempat Transit Sejenak di Bali

Berdasarkan informasi terbaru yang VIVA dapatkan, harga tiket kereta api Blambangan Ekspres untuk kelas ekonomi adalah Rp505.000, sedangkan untuk kelas eksekutif adalah Rp775.000. Waktu tempuh perjalanan rute ini sekitar 16 jam 45 menit untuk kedua kelas tersebut. 

Rute KA Blambangan Ekspres

Photo :
  • KAI

Meskipun tidak secepat pesawat dan meskipun rute ini baru beroperasi, namun tak melunturkan jumlah peminatnya. Hal ini terlihat dari banyaknya kursi, terutama kelas eksekutif, yang sudah terpesan penuh di platform pemesanan tiket seperti Traveloka dan Tiket.com.

Perpanjangan rute ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara Jakarta dan Banyuwangi, serta kota-kota lain di sekitarnya. Dengan demikian, mobilitas masyarakat akan semakin lancar dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah pariwisata seperti Bali.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya. KA Blambangan Ekspres dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan, seperti tempat duduk yang nyaman, toilet yang bersih, serta layanan makan dan minum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya