Jadi Destinasi Super Prioritas, Sandiaga Uno Harap Danau Toba Gelar Banyak Event

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Kemenparekraf.

SUMATERA UTARA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, membuka Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 yang berlangsung di Kaldera Resort, Danau Toba, Sumatera Utara, pada Jumat 5 Juli 2024 lalu. 

Hadirkan Ribuan Produk Inovatif, Asia Gift Fair Indonesia 2024 Gaungkan Kolaborasi dan Investasi

Menparekraf Sandiaga Uno berharap bahwa AKI 2024 akan menjadi katalisator peningkatan omzet bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ekonomi kreatif di destinasi super prioritas ini. Scroll untuk info selengkapnya, yuk!

Pameran AKI Toba 2024 diikuti oleh 35 jenama (9 kriya, 6 fesyen, 13 kuliner, 2 apps dan gim, 2 musik dan 3 film) yang berasal dari daerah di sekitar Toba dan Sumatera Utara. Beberapa narasumber talkshow serta pengisi acara ikut meramaikan pameran ini, di antaranya Nofelita Sijabat (Video Creator/Food Blogger), Deryansha (Founder Kasisolusi), Andibachtiar Yusuf (Sutradara, Penulis Skenario, Produser Film), Eddy Sukmana (Fotografer), Ojax Manalu (Creative & Art Director).

Inovasi Baru dari Jerman Hadir di IIPE 2024

Sejak diluncurkan pada 2021, AKI telah menjadi wadah yang efektif untuk kolaborasi antara peserta dan berbagai pemangku kepentingan di bidang ekonomi kreatif. Sandiaga Uno pun menekankan pentingnya AKI dalam memberikan peluang bagi peserta untuk bertemu dengan pembeli potensial dan investor, sehingga produk-produk kreatif mereka dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Jelajah Budaya Sulawesi Utara dalam Pameran Discover North Sulawesi di Hotel Borobudur Jakarta

“Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk dipertemukan dengan potensial buyer dan investor, sehingga diharapkan produk-produk mereka semakin dikenal luas,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangannya, dikutip Kamis 18 Juli 2024. 

Menparekraf Sandiaga Uno menegaskan kembali dukungan penuh pemerintah untuk sektor ekonomi kreatif, dengan mengutip berbagai inisiatif dan kebijakan yang bertujuan untuk mendukung inovasi dan kewirausahaan. 

"Tujuan kami adalah menjadikan Indonesia pusat industri kreatif global. Acara seperti AKI 2024 sangat penting untuk mencapai visi ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan sumber daya dan dukungan yang diperlukan agar para pelaku ekonomi kreatif kita dapat berkembang dan bersaing di panggung internasional," jelasnya.

Menparekraf juga mendorong kolaborasi antara pemerintah daerah dan Badan Otorita Danau Toba (BODT) untuk meningkatkan jumlah acara di Danau Toba. 

"Saya mengarahkan Pak Jimmy (Dirut BODT) untuk mengadakan lebih banyak event di sini agar masyarakat yang berkunjung memiliki pengalaman yang berbeda dan meningkatkan kunjungan ke Kaldera ini,” pungkasnya. 

Setelah 3 hari penyelenggaraan, terpilih 3 finalis terbaik yang akan mewakili Toba dalam Malam Puncak AKI 2024 di Jakarta pada September 2024 mendatang. Mereka adalah Galeri Batik Torsai (juara 1), ADCRA Woodentoys (Juara 2), dan Tobatos Chips (Juara 3).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya