Sandiaga Uno Dorong Seniman Tanah Air Bisa Memonetisasi Karyanya

Pameran SOVLO
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA Lifestyle – Souvenir Lokal atau lebih dikenal dengan SOVLO menggelar acara art exhibition karya ilustrator lokal. Bertempat di Posbloc, Jakarta Pusat kegiatan ini menjadi wadah baru bagi para ilustrator Indonesia untuk memamerkan karya mereka, memperluas relasi, berkolaborasi, dan meningkatkan wawasan, serta menjual karya-karya mereka dalam konsep "Art You Can Wear".

Seniman Kemerdekaan Zenza TekSas Siap Tembus Guinness Book of World Records

Melalui pameran ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, kegiatan ini dapat memberikan wadah serta ruang bagi para ilustrator lokal. Selain itu melalui konsep art you can wear, kegiatan ini diharapkan bisa mendorong seniman di tanah air untuk bisa memonetisasi karya mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi kreatif (Ekraf) di Tanah Air. Scroll lebih lanjut ya.

“Konsep Art You Can Wear yang diusung oleh SOVLO tidak hanya membawa seni lebih dekat ke masyarakat, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para seniman untuk memonetisasi hasil karya mereka sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi kreatif kita,” kata dia dalam press conference SOVLO di Jakarta, Jumat 12 Juli 2024.

Bangkitkan Ilustrator Lokal, Bank Mandiri Gelorakan HUT Ke-79 RI dengan Kreativitas

Sementara itu, acara yang mengusung tema TER4SI (Teras Inspirasi), yang sesuai dengan filosofi sebagai penyedap masakan Indonesia. Diharapkan melalui kegiatan ini seni dan budaya dapat memperkaya hidup bermasyarakat.

Pameran AKI 2024 di Batam Sukses Besar, Banjir Order dari Wisatawan Singapura dan Malaysia

“Sesuai filosofi terasi sendiri, di mana terasi, sebagai penyedap rasa dalam masakan Indonesia, melambangkan bagaimana hal-hal sederhana dapat digabungkan untuk menciptakan sesuatu yang penuh makna dan kedalaman”, jelasnya.

Founder SOVLO, Lidya Valensia mengungkap bahwa TER4SI tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga sebuah pengalaman yang mendalam bagi para pengunjung untuk mengeksplorasi dan mengapresiasi seni serta budaya Indonesia.

Sandiaga Uno.

Photo :
  • Kemenparekraf.

"TER4SI adalah format baru untuk ilustrator di Indonesia, di mana seni visual dan fashion bertemu dalam harmoni yang unik,” katanya. 

Sebagai informasi, dalam acara ini akan menyuguhkan “Experience the Art”, yakni Instalasi seni yang unik, aktivitas seni, kelas menggambar, dan kelas Tari Tradisional gratis untuk memperkaya pengalaman seni dan budaya.

Dalam acara ini turut menyuguhkan “Trunk Show Koleksi dari Indonesia Cultural Heritage”, sebuah peragaan busana yang memperkenalkan bagaimana karya seni dapat dijadikan bagian dari busana dan aksesori sehari-hari.

Pengunjung juga dapat merasakan keseruan lain dalam balutan konsep “Karaoke Night”, bertemakan karaoke dengan diiringi alat musik tradisional untuk menghadirkan nuansa tradisional yang berbeda sebagai bentuk pengalaman budaya yang lebih luas.

Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai suvenir lokal yang akan diberikan secara cuma-cuma untuk, seperti souvenir karya dari 48 ilustrator, Anniversary Limited Merchandise berupa tas dan pouch. Berbagai instalasi karya seni pun disuguhkan untuk memberikan pengalaman seni tak terlupakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya