Langganan Syuting, Aberdeen Harbour jadi Rekomendasi Liburan di Hong Kong

Restoran Terapung di Aberdeen Harbour
Sumber :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

VIVA Lifestyle – Hong Kong, yang terkenal dengan destinasi wisata populer seperti Disneyland, Ocean Park, dan banyak lainnya. Selain itu, Hong Kong sebenarnya menyimpan banyak tempat wisata hidden gem yang tak kalah menarik.

Sempat Diduga Dieksploitasi, Baim Cilik Ungkap Pernah Kabur dari Lokasi Syuting karena Kelelahan

Salah satu destinasi tersebut adalah Aberdeen Harbour atau Pelabuhan Aberdeen, yang kaya akan sejarah kehidupan nelayan Hong Kong. Scroll lebih lanjut ya.

Aberdeen Harbour memiliki cerita unik tentang masa lalu nelayan Hong Kong yang hidup di atas kapal. Aberdeen kini telah berubah menjadi pelabuhan modern yang dikelilingi oleh gedung-gedung apartemen mewah.

Icip Hidangan Comfort Food Chickenette-Milk Cake, Perpaduan Gurih Manis yang Manjakan Lidah

Meskipun begitu, jejak kehidupan nelayan masa lalu masih terlihat di Aberdeen. Aberdeen Harbour terletak di antara pantai selatan Pulau Hong Kong dan pulau terpencil Ap Lei Chau. Untuk mencapai Aberdeen, Anda bisa naik MTR South Island Line ke Stasiun Lei Tung. Setelah itu, keluar di pintu A1 dan berjalan menuju pelabuhan melalui Jalan Wah Ting. Belok kanan di kawasan pejalan kaki dan berjalan hingga menemukan Kuil Hung Shing di sebelah kanan, sementara dermaga berada di sebelah kiri Anda.

Ingin Liburan Rasa Thailand di Jakarta? Kunjungi 5 Restoran Ini

Aberdeen Harbour bukan sekadar pelabuhan biasa. Pelabuhan ini menyimpan sejarah kampung nelayan Hong Kong yang hidup di atas perahu. Sejarah ini bisa Anda nikmati melalui tur perahu selama kurang lebih satu jam.

Restoran Terapung di Aberdeen Harbour

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

Dalam tur tersebut, Anda akan diajak berkeliling kawasan Aberdeen, melihat kapal-kapal nelayan yang dahulu digunakan untuk tinggal di atas laut, serta restoran terapung mewah yang pernah menjadi langganan selebriti.

Tempat itu juga kerap menjadi lokasi syuting, salah satunya film James Bond: The Man with the Golden Gun.

Sayangnya, restoran terapung ini kini sudah tidak beroperasi dan terbengkalai akibat pandemi dan kondisi lainnya. Namun, Anda masih bisa melihat sisa-sisa kejayaannya di tengah laut Aberdeen.

Setelah melihat restoran, tur berlanjut dengan mengunjungi perahu-perahu yang dahulu digunakan oleh nelayan Hong Kong. Seperti rumah, di dalam perahu ini terdapat kamar tidur, ruang tamu, hingga dapur yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Untuk menikmati tur ini, biasanya akan ada perahu yang menawarkan di sisi pelabuhan. Harga tergantung pada tipe perahu dan fasilitas yang akan dinikmati.

Usai menikmati tur perahu selama satu jam, Anda juga bisa menjelajahi Aberdeen dengan cara berbeda, seperti berjalan di Aberdeen Promenade. Jalan setapak ini membentang di samping Pelabuhan Aberdeen dan dipenuhi pepohonan, menjadi tempat populer bagi pengunjung untuk bersantai dan berswafoto dengan latar perahu-perahu nelayan. Tempat ini juga menawarkan pemandangan tepi laut yang menakjubkan, menambah daya tarik wisata Aberdeen Harbour.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya