Liburan Seru Bersama Si Kecil? Yuk, Kunjungi 6 Destinasi Wisata Ramah Anak Ini!

Dufan Taman Impian Jaya Ancol
Sumber :
  • Traveloka

VIVA Travel – Merencanakan traveling bersama si kecil bisa jadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Apalagi, tak semua destinasi wisata tentunya memiliki fasilitas yang ramah anak atau menyediakan wahana-wahana rekreasi yang digemari anak-anak.

Keluarga Beberkan Persiapan Pernikahan Aaliyah Massaid-Thariq Halilintar

Para orang tua tentunya ingin memastikan anak-anak mereka mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, edukatif, dan aman melalui tempat wisata yang menghiburkan.

Indonesia menawarkan berbagai macam pilihan wisata ramah anak yang menarik untuk dikunjungi. 

Pertunjukan Budaya Guangdong, dari Wing Chun hingga Tarian Naga di Jakarta

Untuk kamu yang bingung memilih destinasi wisata yang ramah anak, yuk cari referensi dari berbagai pilihan tujuan wisata ramah anak di Indonesia paling favorit berikut ini:

1. Dufan

Keluarga Bantah Pernyataan Kapolda soal Kronologi Kematian Remaja 13 Tahun di Padang

Dufan Taman Impian Jaya Ancol

Photo :
  • Traveloka

Dunia Fantasi atau Dufan adalah taman hiburan ikonik yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. 

Dufan menawarkan berbagai wahana permainan yang seru dan menantang untuk segala usia. Anak-anak dapat menikmati wahana yang aman dan edukatif seperti Bianglala, Istana Boneka, Ice Age, dan Poci-Poci.

Selain wahana permainan, Dufan juga menawarkan berbagai atraksi dan pertunjukan yang menarik, seperti Parade Karnaval, Pertunjukan Sulap, dan Pertunjukan Musik. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di Dufan, seperti restoran, toko souvenir, dan toilet.

2. Jakarta Aquarium

Whimsical Chocorium di Jakarta Aquarium & Safari dan Eksplor Keajaiban Dua Dunia

Whimsical Chocorium di Jakarta Aquarium & Safari dan Eksplor Keajaiban Dua Dunia

Photo :
  • ist

Berada di Jakarta, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jakarta Aquarium. Terletak di dalam Mall Neo Soho, Jakarta Aquarium menjadi destinasi wisata ramah anak yang edukatif dan menyenangkan. Anak-anak bisa mengenal lebih dekat berbagai jenis satwa-satwa air dan beberapa hewan lainnya di sini.

Memasuki Jakarta Aquarium, si kecil akan disuguhkan dengan berbagai akuarium raksasa yang menampilkan kekayaan alam bawah laut. Mereka dapat melihat hiu berenang dengan gagah, ikan badut yang menari-nari di antara anemon, dan berbagai jenis ikan berwarna-warni yang menawan.

3. Taman Safari

Istana Panda, Taman Safari Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/ Diza Liane Sahputri

Bagi para orang tua yang ingin mengajak si kecil berinteraksi dengan hewan dan merasakan sensasi petualangan di alam liar, Taman Safari Indonesia adalah pilihan yang tepat! Terletak di Bogor, Jawa Barat, Taman Safari Indonesia menawarkan pengalaman wisata edukatif dan menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Di Taman Safari Indonesia, anak-anak dapat melihat ragam hewan dari berbagai belahan dunia di area yang dibuat menyerupai habitat aslinya. Salah satu daya tarik utama Taman Safari Indonesia adalah kesempatan untuk memberi makan hewan secara langsung. Si kecil beserta keluarga dapat memberi makan gajah, jerapah, rusa, dan hewan lainnya dengan makanan yang disediakan di taman.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Sejumlah pengunjung menikmati suasana Istana Anak Anak di TMII.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu destinasi wisata ramah anak yang paling digemari di Indonesia. Di sini, anak-anak tidak hanya bisa bermain dengan senang, tetapi juga belajar tentang kekayaan budaya Indonesia yang beragam.

Di setiap anjungan, anak-anak dapat melihat langsung rumah adat, pakaian tradisional, tarian daerah dan berbagai kerajinan khas dari masing-masing daerah. Selain itu, mereka juga dapat mengikuti berbagai kegiatan edukatif seperti belajar membatik, menari tradisional, dan bermain alat musik tradisional.

5. KidZania

Kidzania Jakarta

Photo :
  • Istimewa

KidZania Jakarta adalah taman bermain edukatif yang dirancang dengan konsep role playing, di mana anak-anak dapat menjelajahi berbagai profesi menarik melalui permainan peran yang seru dan edukatif. Berbeda dengan taman bermain pada umumnya, di KidZania, anak-anak bukan hanya bermain, tetapi juga belajar tentang berbagai keterampilan 

Di KidZania Jakarta, anak-anak dapat mencoba berbagai profesi yang mereka impikan, seperti dokter, pemadam kebakaran, pembalap, pilot, koki, aktris teater, dan masih banyak lagi.

6. Museum of Toys

Museum of Toys Jakarta

Photo :
  • Senayan City

Bagi para pecinta mainan, terutama action figure dan mainan koleksi, Museum of Toys adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Terletak di Jakarta, museum ini menghadirkan ribuan koleksi mainan yang menakjubkan, dijamin akan membuat Anda dan anak-anak terkagum-kagum.

Museum of Toys terdiri dari dua lantai yang penuh dengan berbagai macam mainan. Di lantai pertama, Anda akan menemukan berbagai action figure dari film, animasi, dan video game populer. Ada Spider-Man, Iron Man, Captain America, Batman, Superman, Hello Kitty, Doraemon, Gundam, Transformers, dan masih banyak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya