Seru Banget! Selfie di 'Spageti Raksasa' Sambil Belajar Hari Pasta Sedunia
- VIVA/Diza Liane Sahputri
VIVA Travel – Siapa sih tak kenal dan suka pasta? Masakan yang berasal dari Italia ini tentu sudah familiar dan cukup populer di berbagai restoran di Indonesia sehingga cukup diminati berbagai kalangan.
Merayakan Hari Pasta Sedunia yang diperingati setiap tanggal 25 Oktober, ada cara unik yang bisa kita lakukan dengan selfie alias swafoto di instalasi edukasi seni bernama Casa San Remo. Bekerja sama dengan Haluu World Jakarta, instalasi ini hadir di Summarecon Mall Kelapa Gading 3 yang dikemas secara interaktif untuk mengajak para pengunjung mengenal dunia pasta lebih dalam.
"Saya apresiasi adanya acara ini karena ini merupakan bentuk promosi Indonesia di mana programnya adalah Indonesia spice up the world. Walau merk italia, saya yakin ada komponen indonesia di makanan ini. Jakarta sudah sangat beragam gastronomi sehingga harus gabungkan makanan nasional dan intrnasional," ujar Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf, Rizki Handayani, dalam pembukaan Casa San Remo, beberapa waktu lalu.
Rizki menambahkan bahwa bahan-bahan dari saus merek Italia itu mungkin juga berasal dari Indonesia. Apalagi, kini sudah hadir berbagai saus pasta yang begitu khas Indonesia yakni saus rendang.
"Saya sudah mulai lihat nih saus rendang. Bisa dikembangkan ke depan sausnya dari indonesia. Kalau di bali sering sekali makan pakai sambal matah. Masakan indoensia ini bisa masuk dengan masakan lainnya. Kita malah memperkaya jenis masakan makanan indonesia," tambahnya.
Ada pun Casa San Remo merupakan sebuah instalasi seni dan destinasi swafoto mengenai pasta. Dalam instalasi seni ini, San Remo mengajak pengunjung untuk mempelajari pasta melalui lima tahapan, mulai dari sejarah pasta, ragam jenis, pilihan topping dan saus, hingga variasi sajian pasta.
“Hari Pasta Sedunia selalu menjadi momen yang kami tunggu-tunggu. Setiap tahunnya, kami selalu mengeksplorasi cara-cara yang unik dan tidak biasa. Di tahun ini, kami kembali hadir dengan sebuah instalasi seni interaktif yang dibuat berkolaborasi dengan Haluu World Jakarta untuk mengajak penggemar pasta mengenal pasta lebih dalam dari proses di dalamnya melalui sajian visual yang indah,” jelas Senior Brand Manager PT Sukanda Djaya, Evlin Wangsadirdja, sebagai distributor resmi pasta San Remo di Indonesia.
Berlangsung mulai dari 12 - 23 Oktober 2022, pengunjung Summarecon Mall Kelapa Gading 3 dapat mengunjungi Casa San Remo secara gratis. Instalasi seni ini terbagi ke dalam lima area yang mengajak pengunjung menyusuri proses memasak pasta. Dimulai dari langkah pertama dalam memasak, yaitu membaca sebuah buku resep. Di sini, San Remo menyajikan sebuah buku resep berukuran raksasa berisi resep menu dan sejarah pasta.
Area berikutnya yang juga proses dalam memasak pasta, yaitu merebus pasta. Di sini, San Remo mengajak pengunjung untuk mengenal berbagai jenis varian pasta shape yang siap untuk direbus, dilanjutkan ke area berikutnya yang berisi pilihan toppings, hingga sauces garden yang menampilkan dua opsi sauces, yaitu white sauce (carbonara) dan red sauce (bolognese).
Hingga di area terakhir, pengunjung bisa menyaksikan sebuah instalasi berbentuk piring berukuran besar dengan sajian pasta yang telah siap disantap. Melalui instalasi unik ini, diharapkan agar masyarakat mendapatkan nilai lebih terhadap pasta, karena sebelum tiba menjadi hidangan siap saji, terdapat banyak cerita dan proses yang harus dilewati. Serta, dapat menjadi bukti bahwa proses edukasi bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tren masa kini.
“Sesuai namanya, berarti sebuah ‘rumah’ yang memperlihatkan elemen-elemen penting penghuninya. Diharapkan setelah mengenal pasta secara mendalam, penggemar pasta akan semakin mencintai dan menghargai pasta sebagai sajian populer yang dapat diterima banyak masyarakat di seluruh dunia,” tutup Evlin.