Mengenal Sitinjau Lauik, Tikungan Tajam dan Curam di Sumatera Barat

Sitinjau Lauik
Sumber :
  • Antara

VIVA Travel – Sitinjau Lauik merupakan tanjakan ekstrem dengan pemandangan indah di Jalan Raya Padang-Jambi, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. Membahas soal Sitinjau Lauik, tentu orang-orang akan mengingatnya dengan tikungan tajam serta trek menanjak yang curam.

Mahyeldi-Vasko Ruseimy Jadi Pasangan Cagub-Cawagub Sumbar yang Pertama Daftar ke KPU

Meski termasuk jalur nasional dan memiliki badan jalan yang lebar, tak semua kendaraan dapat dengan mudah mengambil dan memilih jalur ini. Sebab, untuk kendaraan berat diharuskan mengambil sisi terluar yang landai agar mendapatkan momentum untuk menanjak.

Sitinjau Lauik, rute ekstrem yang akan dilalui pemudik di Sumatera Barat

Photo :
Ratusan Mahasiswa di Sumbar Turun Aksi Tolak DPR Revisi UU Pilkada yang Tak Sesuai Putusan MK

Pasalnya ruas jalan sepanjang kurang lebih 15 kilometer tersebut dikenal dengan tikungannya yang ekstrem. Selain itu pengguna jalan juga akan melalui tanjakan yang cukup curam. Saking curamnya ruas tikungan tersebut tidak memungkinkan 2 mobil berukuran besar berpapasan. Alhasil, pengguna jalan harus bergantian jika hendak melewati belokan itu.

Sebagai jalur penghubung beberapa wilayah utama di Sumatera, tentunya jalan ini memiliki dua jalur yang digunakan. Aturan di Sitinjau Lauik akan mendahulukan mobil-mobil besar dengan muatan berat untuk melintas terlebih dahulu saat berpapasan dengan yang lain.

Gunung Marapi Erupsi Lagi, Dentuman Keras Kejutkan Warga 

Untuk kamu yang hendak melintas di Sitinjau Lauik, pengguna roda dua maupun roda empat, ada baiknya selalu berhati-hati, perhatikan juga kondisi kendaraan guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Secara geografis, jalur ini termasuk area yang tinggi tanpa pembatas dan sering dilalui mobil-mobil bermuatan besar. Dengan beban muatan yang selalu melintas di atas permukaannya, mengakibatkan jalan Sitinjau Lauik rawan terjadi longsor.

Sitinjau Lauik, rute ekstrem yang akan dilalui pemudik di Sumatera Barat

Photo :

Namun kamu tidak perlu khawatir, beberapa warga lokal yang tinggal di sekitar selalu bersiaga di Sitinjau Lauik guna mengatur arus lalu lintas. Di sana mereka membantu menjaga agar lalu lintas dari arah atas dan bawah supaya tidak berpapasan di tikungan tajam. Selain itu, mereka juga sigap memberi bantuan berupa penyangga ban mobil, apabila ada kendaraan tidak mampu menanjak.

Meski terkenal dengan jalanan ekstrem, Sitinjau Lauik ternyata memiliki pemandangan yang indah dan udara segar. Hal ini dikarenakan di sekitar jalur dipenuhi banyak pepohonan hijau yang rimbun, tentunya bisa memanjakan mata pengguna jalan. Selain itu, pengguna jalan bisa melihat keindahan Kota Padang dan hamparan air laut dari jalur ini. Namun pemandangan itu hanya bisa dilihat di beberapa titik ruas jalan saja.

Ilustrasi perampokan.

Tiga Perampok Mobil Pengangkut Uang Rp 5,6 Miliar Ditangkap, 2 Pelaku Ternyata Oknum Polisi

Polda Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menangkap tiga pelaku kasus perampokan mobil jasa pengisi ATM yang membawa uang Rp 5,6 miliar di Kota Padang Pariaman.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2024