Sosialisasi Sadar Wisata Sampai di Malang, Kemenparekraf Tegaskan Ini

Sosialisasi Sadar Wisata Kemenparekraf.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Travel – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Sosialisasi Sadar Wisata di tiga desa wisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Sosialisasi Perda, Alia Laksono: Pemahaman Menyeluruh Masyarakat Sangat Diperlukan

Dalam kegiatan yang bertempat di tiga desa dalam wilayah Destinasi Wisata Prioritas Bromo-Tengger-Semeru, ditegaskan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata merupakan pelaku utama dalam pengembangan pariwisata era Society 5.0, meski saat ini digitalitasi dan teknologi menjadi sebuah keniscayaan dalam setiap sektor. 

Seperti dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sebelumnya, warga harus betul-betul sadar akan potensi wisata yang dimiliki daerahnya masing-masing, karena ini akan menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Sukseskan Aquabike Jetski World Championship 2024, Bea Cukai Belawan Terima Penghargaan

Hal tersebut ditegaskan kembali oleh Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Frans Teguh dalam acara Sosialisasi Sadar Wisata di Desa Penyangga Wisata Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, yakni Desa Wisata Jeru, Desa Wisata Poncokusumo, dan Desa Wisata Wringinanom, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan, Kemenparekraf mendorong perkembangan pariwisata yang dapat beradaptasi di era society 5.0. Frans mengatakan, meski dewasa ini teknologi dan digitalisasi adalah hal yang tak terelakkan berbagai sektor, namun SDM tetap menjadi komponen utama, yakni para pelaku pariwisata serta warga desa wisata. Andil SDM pariwisata dipandang signifikan untuk melahirkan interaksi dengan para wisatawan sekaligus berkolaborasi antar pelaku pariwisata.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Minta Berbagai Pihak Kolaborasi Untuk Majukan Desa

“Para pelaku pariwisata harus memanfaatkan teknologi dan digitalisasi dalam membangun komunikasi. Sementara di saat yang sama juga membangun kolaborasi dan jejaring dengan para pelaku pariwisata lainnya,” tuturnya, baru-baru ini. 

Selain itu, kehadiran SDM pariwisata yang unggul juga akan menghadirkan sentuhan manusia yang sangat penting guna memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan. Karena itu, Frans mengharapkan peran aktif para pelaku pariwisata dalam pengembangan pariwisata di desa masing-masing.  

“Saya mengimbau agar benar-benar menjadikan desa-desa wisata dengan pengalaman terbaik. Kita mendesain dan menawarkan experience sehingga akhirnya mewujudkan kunjungan berkualitas dan akan melahirkan dampak ekonomi, budaya dan dampak lingkungan yang positif. Desa wisata menjadi motor kebangkitan pariwisata saat ini” ujarnya. 

Terkait Kampanye Sadar Wisata, Direktur Pengembangan SDM Pariwisata, Florida Pardosi mengatakan, terdapat enam tahapan dalam rangkaian kegiatannya. Setelah menyelesaikan tahapan Sosialisasi, akan ada 10 orang terpilih dari tiap desa yang diharapkan dapat menjadi duta pariwisata dan agen perubahan di desa wisata masing-masing.

“Butuh orang yang berdedikasi tinggi, berkomitmen, dan berkeinginan kuat untuk meningkatkan kapasitasnya dan mengembangkan pariwisata di desa wisata. Harapannya, mereka akan menjadi trainer bagi SDM pariwisata lainnya, sebagai perpanjangan tangan kami (pemerintah pusat) untuk pengembangan pariwisata," kata dia. 

Florida juga mendorong para pihak di tataran pemerintah daerah supaya kelak dapat mengadakan program-program pengembangan pariwisata, sebagai tindak lanjut dari Kampanye Sadar Wisata, sehingga pada akhirnya akan dapat mendukung peningkatan perekonomian warga secara berkelanjutan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Purwoto, mengharapkan akan dapat dilakukan seleksi sehingga terpilih kader-kader yang memiliki komitmen kuat dalam pengembangan pariwisata di desanya masing-masing. 

Ia juga meminta partisipasi setiap pihak dalam memastikan keberlangsungan seluruh kegiatan dengan baik agar hasilnya optimal.

“Sekali lagi ini bukan hanya sekadar pelatihan sekali datang. Akan berkelanjutan dan akan terus kita pantau agar nanti hasilnya seperti apa. Seluruh jajaran supaya terus memantau, sehingga apa yang diinginkan oleh pemerintah pusat dapat menjadi kenyataan,” ujarnya. 

Kampanye Sadar Wisata akan dilaksanakan di 65 desa wisata pada tahun 2022 dan 90 desa wisata pada tahun 2023 di empat wilayah Destinasi Super Prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur-Yogya-Prambanan, Mandalika, dan Labuan Bajo, serta dua Destinasi Pariwisata Prioritas Bromo-Tengger-Semeru dan Wakatobi.

Praktisi IT dan Dirut PT TDC Indra

Sosialisasi di Kalangan UMKM Harus Lebih Maksimal

Sosialisasi yang lebih maksimal lagi, harus dilakukan. Terutama di tengah-tengah kalangan UMKM. Dengan begitu, penggunaan transaksi digital seperti QRIS, bisa lebih luas.

img_title
VIVA.co.id
27 November 2024