Ini Dia Destinasi Favorit Libur Lebaran 2019

Wisatawan memadati Alun-alun kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 19 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Momen Hari Raya Idul Fitri tidak hanya dimanfaatkan masyarakat Indonesia, untuk mudik dan berlebaran ke kampung halaman. Libur Lebaran juga sering dimanfaatkan oleh banyak masyarakat untuk berlibur ke berbagai destinasi.

Rekomendasi Tempat Menginap untuk Staycation di Bali, Estetik dan Strategis!

Ternyata, Pulau Jawa masih menjadi salah satu destinasi paling banyak dan sering dikunjungi pada saat libur Lebaran. Data online travel agent Mister Aladin mengungkapkan, untuk Ramadan tahun ini, 85 persen dari total transaksi hotel dan tiket pesawat adalah pemesanan untuk destinasi di Pulau Jawa, sedangkan 20 persen sisanya di pulau lainnya.

"Untuk pulau Jawa itu destinasinya seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Surabaya. Kalau yang dekat itu Bandung, Bogor. Kalau di luar Pulau Jawa, seperti Medan, Pekanbaru, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, dan Ujung Pandang," ungkap Chief Executive Officer Mister Aladin, Veranika Gunawan, saat ditemui di Jakarta, Selasa 28 Mei 2019.

Kereta Otonom Tanpa Rel Diretur ke China, Kemenhub: Untuk IKN Kita Cari yang Terbaik

Dia menjelaskan, untuk penjualan tiket kereta meningkat signifikan pada momen Lebaran kali ini, yakni hingga 20 kali lipat. Sedangkan untuk pesawat meski tetap meningkat, namun jumlahnya tidak signifikan, yakni hanya dua kali lipat.

"Destinasi yang menjadi favorit para konsumen, antara lain Bandung, Cirebon, Purwokerto, Tegal, Semarang, Solo, dan Surabaya," ungkap Veranika.

Maskapai AS Spirit Airlines Ditembaki Gangster saat Mendarat di Haiti, Pramugari Terluka

Selain itu, data menarik lainnya juga mengungkapkan bahwa sekitar 47 dari total konsumen memilih metode pembayaran kartu kredit saat memesan hotel. Sementara itu, 45 persen konsumen menggunakan metode instan transfer, saat memesan tiket pesawat dan kereta api.

"Perilaku konsumen dalam bertransaksi ini menjadi panduan bagi kami dalam meningkatkan layanan. Dengan mengetahui preferensi konsumen, kami bisa mengetahui langkah apa yang akan kami ambil untuk memberikan solusi perjalanan yang nyaman, praktis, dan pastinya hemat bagi para konsumen," tuturnya. (asp)

Fan Meetup Lisa BLACKPINK

Ini Cerita di Balik Layar dari Fan Meetup Lisa BLACKPINK

Harga tiket yang tinggi sempat memicu respons negatif dari sebagian penggemar dan netizen. Banyak fans mengungkapkan kesulitan untuk membelinya.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2024