Ini Dia Destinasi Favorit Libur Lebaran 2019

Wisatawan memadati Alun-alun kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 19 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Momen Hari Raya Idul Fitri tidak hanya dimanfaatkan masyarakat Indonesia, untuk mudik dan berlebaran ke kampung halaman. Libur Lebaran juga sering dimanfaatkan oleh banyak masyarakat untuk berlibur ke berbagai destinasi.

Liburan Jadi Petaka, Resor Ski dan Hotel di Turki Terbakar

Ternyata, Pulau Jawa masih menjadi salah satu destinasi paling banyak dan sering dikunjungi pada saat libur Lebaran. Data online travel agent Mister Aladin mengungkapkan, untuk Ramadan tahun ini, 85 persen dari total transaksi hotel dan tiket pesawat adalah pemesanan untuk destinasi di Pulau Jawa, sedangkan 20 persen sisanya di pulau lainnya.

"Untuk pulau Jawa itu destinasinya seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Surabaya. Kalau yang dekat itu Bandung, Bogor. Kalau di luar Pulau Jawa, seperti Medan, Pekanbaru, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, dan Ujung Pandang," ungkap Chief Executive Officer Mister Aladin, Veranika Gunawan, saat ditemui di Jakarta, Selasa 28 Mei 2019.

Kala Prabowo Pamer Tiket Pesawat hingga Biaya Haji Turun dalam 100 Hari Kerja Kabinet

Dia menjelaskan, untuk penjualan tiket kereta meningkat signifikan pada momen Lebaran kali ini, yakni hingga 20 kali lipat. Sedangkan untuk pesawat meski tetap meningkat, namun jumlahnya tidak signifikan, yakni hanya dua kali lipat.

"Destinasi yang menjadi favorit para konsumen, antara lain Bandung, Cirebon, Purwokerto, Tegal, Semarang, Solo, dan Surabaya," ungkap Veranika.

Apresiasi Pecinta Film Indonesia, Keajaiban Air Mata Wanita Beri Diskon Setengah Harga

Selain itu, data menarik lainnya juga mengungkapkan bahwa sekitar 47 dari total konsumen memilih metode pembayaran kartu kredit saat memesan hotel. Sementara itu, 45 persen konsumen menggunakan metode instan transfer, saat memesan tiket pesawat dan kereta api.

"Perilaku konsumen dalam bertransaksi ini menjadi panduan bagi kami dalam meningkatkan layanan. Dengan mengetahui preferensi konsumen, kami bisa mengetahui langkah apa yang akan kami ambil untuk memberikan solusi perjalanan yang nyaman, praktis, dan pastinya hemat bagi para konsumen," tuturnya. (asp)

[dok. Humas PT Danareksa (Persero)]

Dongkrak Ekonomi dan Budaya, Holding BUMN Danareksa Revitalisasi 5 Destinasi Wisata Ikonik

Berbagai destinasi wisata yang direvitalisasi ini tidak hanya akan meningkatkan pengalaman wisatawan, tetapi juga menggerakkan ekonomi.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2025