32 Persen Milenial Sediakan Dana Liburan Hingga Rp20 Juta Per Tahun
- Pixabay/tpsdave
VIVA – Survei pada 1,200 traveler Tanah Air menunjukkan bahwa Benua Eropa menjadi destinasi favorit untuk berlibur masyarakat Indonesia. Uniknya, destinasi ini diminati dengan transportasi menggunakan kapal pesiar.
Riset ini membagi kategori konsumen berdasarkan tiga rentang usia, yaitu Gen Z (18-23 tahun), Gen Y alias milenial (24-41 tahun) serta Gen X (42-52 tahun). Destinasi Eropa (Mediterania/non Mediterania) menjadi favorit traveler Indonesia sebanyak 27 persen.
Selain destinasi tersebut, Generasi Z ternyata juga sangat berminat mengunjungi Jepang, Korea dan Hong Kong dengan kapal pesiar. Generasi ini juga lebih menyukai liburan dengan kapal pesiar selama 6-8 hari (40 persen). Sementara Generasi X (47 persen) dan Y (44 persen) lebih memilih 3 hingga 5 hari.
Dikutip dari rilis yang diterima VIVA dari Dwidaya Tour, Kamis, 20 September 2018, untuk mempersiapkan rencana liburan dengan kapal pesiar, traveler Indonesia ternyata membutuhkan waktu 4-6 bulan (25 persen). Dan 21 persen mengaku mempersiapkan diri sejak 1-3 bulan sebelumnya.
Dari 72 persen responden dari Generasi Z juga mengakui bahwa mereka menyediakan bujet kurang dari Rp10 juta per tahun untuk liburan. Hanya 20 persen yang mengalokasikan bujet Rp10-20 juta per tahun.
Pada Generasi Y, sebanyak 39 persen responden menyediakan anggaran kurang dari Rp10 juta per tahun. 32 persen dari mereka menganggarkan Rp10-20 juta per tahun untuk liburan.
Sementara sebanyak 27 persen responden dari Generasi X mengalokasikan dana liburan Rp10-20 juta per tahun dan 24 persen menyediakan kurang dari Rp10 juta per tahun.
Maka secara umum, 49 persen traveler Indonesia menyediakan kurang dari Rp10 juta per tahun dan 28 persen mengalokasikan Rp10-20 juta per tahun untuk liburan.