Moms, Cara Menyenangkan Ini Bisa Permudah Anak Belajar Membaca

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

Jakarta, VIVA – Tingkat literasi di Indonesia yang masih rendah menjadi salah satu permasalahan besar. Banyak guru yang kesulitan menemukan buku-buku yang sangat mudah dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak yang baru mulai belajar membaca

Benarkah Dosa Anak Ditanggung Orang Tua? Buya Yahya Beri Penjelasan Mengejutkan

Selain itu, sangat sedikit buku anak yang dirancang secara sederhana untuk mendukung tahap awal perkembangan membaca. Lalu, adakah solusinya? Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Guna mendukung peningkatan minat baca anak-anak Indonesia, terutama bagi mereka yang baru mulai belajar membaca, perpustakaan digital yang berfokus pada literasi anak, BukuAku, meluncurkan Seri Prabaca Level B di ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) 2024, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Pelaku Penculikan Anak Modus Orang Tua Sakit di Tangsel Ditetapkan Tersangka

Seri Prabaca diciptakan untuk menjawab berbagai tantangan literasi yang dihadapi di Indonesia. BukuAku sendiri menyediakan ribuan buku untuk anak-anak usia 3 hingga 14 tahun, dengan koleksi yang terkurasi dari penerbit-penerbit tepercaya. Buku-buku tersebut tidak hanya berkualitas, tetapi juga aman bagi anak-anak. 

Selamat! Anisa Rahma Melahirkan Anak ke-3, Langsung Bocorin Nama dan Artinya

Melalui platform digital BukuAku, anak-anak dan orangtua dapat mengakses beragam buku kapan saja dan di mana saja. Selain buku digital, BukuAku juga menghadirkan buku fisik seperti Seri Prabaca, yang dirancang untuk mendukung anak-anak belajar membaca secara bertahap.

Seri Prabaca Level B, yang diluncurkan di IIBF 2024, merupakan rangkaian buku berjenjang yang menawarkan frasa sederhana dengan ilustrasi menarik, terdiri dari maksimal 30 kata per buku. Seri ini dirancang khusus untuk anak-anak yang baru mulai belajar membaca (5-7 tahun), dengan tujuan untuk secara bertahap meningkatkan kemampuan membaca anak.

Seri Prabaca ini juga memiliki sejumlah keunggulan, seperti kata-kata yang mudah dengan dua suku kata, frasa dan kalimat sederhana, serta jumlah kata yang tidak terlalu banyak sehingga membantu anak-anak tetap fokus dan memahami frasa dengan lebih baik.

Stephanie Riady, CEO Lumina Education, mengatakan, melalui peluncuran Seri Prabaca Level B, diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak anak-anak Indonesia untuk mencintai kegiatan membaca sejak dini. 

"Kami percaya bahwa literasi adalah kunci untuk masa depan yang lebih cerah, dan Seri Prabaca merupakan langkah kami dalam menciptakan generasi pembaca yang cerdas dan kreatif. BukuAku akan terus mendukung peningkatan literasi di Indonesia dengan memperluas akses terhadap buku-buku berkualitas melalui platform digital yang mudah diakses,” ujar Stephanie dalam keterangannya, dikutip Minggu 29 September 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya