Kepergok Anak Saat Bercinta, Ini yang Seharusnya Dilakukan Orangtua

Ilustrasi pasangan/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/nikitabuida

Jakarta, VIVA –  Banyak hal tidak terduga yang dapat terjadi selama mengasuh anak. Salah satunya adalah ketika anak melihat orang tua berhubungan intim secara tidak sengaja. Lantas apa yang perlu dilakukan oleh orang tua saat anak mereka tak sengaja melihat orangtuanya berhubungan intim?

Cowok Ngeluh Pakai Kondom Gak Nikmat saat Berhubungan Intim, Ternyata Salahnya di Sini

Terkait hal itu seksolog kenamaan dr. Boyke  angkat bicara. Dijelaskannya bahwa hal pertama yang dilakukan adalah untuk tidak panik. 

“Gimana ya kalau anak enggak sengaja papa dan mamanya lagi ‘enak-enak’? Enggak usah takut,” kata dia dikutip dari video Edukaseks with dr. Boyke di akun TikTok @klinik pasutri. 

Ini Alasan Penis Bisa Patah Saat Berhubungan Seks

Lebih lanjut sebagai orang tua Anda dan pasangan langsung menenangkan anak dan membuat mereka tertidur kembali. Kalaupun anak kemudian bertanya apa yang Anda dan pasangan lakukan, Anda harus menjelaskannya dengan baik.

“Apa yang harus dilakukan kalau melihat? Ya diusap dan ditidurkan kembali, kalau anak itu bertanya ngapain aja sih papa mama? Bilang bahwa itu merupakan hal yang wajar kalau suami istri sudah menikah,” ujar dia. 

Pasangan Doyan Nge-Seks, Amankah Bercinta Setiap Hari?

Pria berkacamata itu juga mewanti-wanti jangan sampai anak malah bercerita tentang apa yang dilihatnya kepada asisten rumah tangga. Maka dari itu jika memang anak melihat Anda dan pasangan berhubungan intim, maka tugas Anda adalah tetap memberikannya pengertian. 

“Yang bahaya itu kalau sebenarnya ke pembantu ‘aku ngintip loh mama dan papa’ oleh karena itu jangan panik, tetap beritahu kamu tidak perlu cerita apa-apa ya namanya itu sudah dewasa ya seperti itu nanti kalau kamu sudah menikah juga itu tidak sakit, itu juga suatu hal yang normal saja, suatu proses yang wajar,” ujarnya. 

dr. Boyke sendiri mengungkap bahwa penting orang tua tetap menjelaskan dengan baik tentang apa yang dilihatnya adalah hal normal untuk dilakukan orang dewasa. Dan bukan malah memarahi anak-anaknya ketika dia tak sengaja melihat Anda dan pasangan berhubungan intim. Sebab jika Anda malah memarahi anak, ditakutkan akan memberikan trauma pada anak hingga dewasa bahwa hubungan seks itu menakutkan. 

Ilustrasi seks/bercinta.

Photo :
  • Freepik/jcomp

“Jadi anak-anak tidak trauma ya karena hal itu adalah hal yang normal karena ada beberapa orang tua akhirnya memarahi anak-anak jadi anak-anak melihat hubungan seks itu menakutkan jangan itu sampai terbawa sampai usia mereka dewasa nanti,” ujarnya.

Di sisi lain, jika anak yang tak sengaja memergoki Anda dan pasangan melakukan hubungan seks masih berusia di bawah lima tahun, biasanya dia akan lupa sendiri. Maka dari itu, dia juga menyarankan agar anak-anak untuk tidur terpisah dengan orang tuanya. 

“Kalau anak-anak usia di bawah lima tahun biasanya mereka lupa. Makanya selalu dianjurkan jangan tidur sama anak-anak suami istri itu karena kalau mereka mau melakukan hubungan intim itu bisa anaknya bangun dan ngeliat, ada  beberapa yang menangis ada yang terkejut apalagi kalau di atas lima tahun,” ungkapnya.

Pria berkacamata ini mengungkap anak-anak sendiri sudah harus tidur terpisah dengan orang tuanya ketika sudah berusia 2 tahun. Sementara itu kamar antara anak laki-laki dan perempuan juga sudah harus dipisah saat mereka sudah berusia lima tahun.

“Biasakan anak punya kamar sendiri ya di atas umur dua tahun. Kalau di atas umur lima tahun anak-anak punya kamar sendiri juga harus dipisahkan antara anak laki-laki dan anak perempuan tidurnya biar tidak terjadi inses,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya