Kulit Anak Sensitif Jika Terkena Sinar Matahari, Usia Berapa Si Kecil Boleh Pakai Sunscreen?

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.
Sumber :
  • Freepik/freepik

Jakarta, VIVA – Kulit anak-anak jauh lebih sensitif dan mudah rusak karena paparan sinar UV matahari, ketika beraktivitas di luar ruangan. Lapisan kulit anak lebih tipis dibanding orang dewasa. Maka dari itu, ketika si kecil tidak mendapatkan proteksi yang cukup, biasanya anak akan mengalami tanda-tanda kerusakan kulit seperti iritasi, kemerahan dan kering, serta muncul bintik-bintik atau bercak. 

Tren Ini yang Diprediksi akan Digemari di Dunia Kecantikan 2025

Di samping itu, bahaya sinar matahari ekstrem dapat memicu demam yang berpengaruh buruk pada sistem kekebalan tubuh si kecil. Maka dari itu, untuk menangkal dampak negatif dari sinar UV, penting mengoleskan sunscreen anak untuk si kecil. Lalu, usia berapa anak mulai boleh memakai sunscreen? Scroll untuk mengetahui jawabannya, yuk!

Secara umum, sunscreen bisa digunakan pada bayi berusia 6 bulan ke atas. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

Produksi Kolagen Menurun Seiring Bertambahnya Usia, Kapan Treatment Face Contouring Boleh Dilakukan?

Anak pakai sunscreen.

Photo :
  • Sunbae.

Konsultasikan dengan dokter anak

Arab Saudi Jadi Negara yang Paling Aman Dalam Kesejahteraan dan Pendidikan Anak-anak

Sebelum menggunakan sunscreen pada bayi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak untuk memastikan jenis sunscreen yang aman dan cocok untuk kulit bayi Anda.

Hindari paparan sinar matahari langsung

Meskipun sudah menggunakan sunscreen, tetap hindari membawa bayi ke luar ruangan saat matahari sedang terik. Pilihlah waktu yang teduh untuk beraktivitas di luar ruangan.

Pilih sunscreen khusus anak

Pilih sunscreen yang berlabel "baby-safe" atau "pediatric" dengan kandungan SPF 30 atau lebih. Pastikan sunscreen tersebut tidak mengandung bahan kimia yang keras dan berpotensi menyebabkan iritasi kulit.

Pilih sunscreen fisik

Sunscreen fisik mengandung bahan-bahan alami seperti zinc oxide dan titanium dioxide yang bekerja dengan cara memantulkan sinar matahari. Sunscreen fisik umumnya lebih aman untuk kulit bayi dan anak.

Oleskan sunscreen secara merata

Oleskan sunscreen pada seluruh bagian tubuh yang terbuka 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Ulangi pemakaian setiap 2 jam atau setelah berenang atau berkeringat.

Bicara sunscreen anak, MSKIDS memperkenalkan global sunscreen terbaru mereka, Sunbae dan Sunhero di acara International Baby Products and Toys Expo (IBTE) 2024 yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran. 

Selama acara yang digelar pada 7-9 Agustus 2024, booth MSKIDS dipenuhi pengunjung yang antusias ingin mengetahui lebih banyak tentang pentingnya perlindungan kulit bagi anak-anak. Dengan bimbingan dari para ahli dan demo produk langsung, para pengunjung mendapatkan pengetahuan mendalam mengenai pemilihan sunscreen yang aman dan efektif untuk si kecil.

Di IBTE 2024, MSKIDS tidak hanya sekadar menjadi exhibitor, tetapi juga menjadi sorotan utama dengan dua produk unggulannya, Sunbae SPF 30 PA++++ dan Sunhero SPF 50 PA++++. Kedua sunscreen ini, yang diformulasikan khusus untuk anak-anak, mendapatkan apresiasi tinggi dari para pengunjung berkat kandungan bahan alami seperti Royal Jelly Protein, Aloe Vera, Pumpkin Seed, dan Guava Leaf, yang menjaga kelembapan dan kesehatan kulit anak.

Partisipasi MSKIDS di IBTE 2024 tidak hanya berhasil menarik minat pengunjung, tetapi juga memperkuat posisi brand ini sebagai salah satu pionir dalam industri skincare anak di Indonesia. Produce sunscreen Sunbae dan Sunhero mendapatkan respons positif dari para orangtua yang mencari solusi perlindungan kulit yang aman dan efektif bagi anak mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya