60 Persen Anak Tak Sarapan Karena Keterbatasan Waktu, Ini Ide Menunya yang Sehat dan Praktis

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.
Sumber :
  • Freepik/freepik

Jakarta, VIVA – Berdasarkan data Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan pada 2020, sebanyak 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah dan asupan vitamin serta mineral mereka belum terpenuhi.

Menjadi Ibu Rumah Tangga, Sharena Delon Bagikan Tips Penuhi Nutrisi Keluarga

Selain itu, berdasarkan hasil studi dari Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, sekitar 60 persen anak-anak tidak sarapan sebelum pergi ke sekolah. Berdasarkan penelitian tersebut, salah satu pemicu utama masalah ini adalah keterbatasan waktu di pagi hari. Lalu apa solusinya? Scroll untuk tahu lebih lanjut, yuk!

Setiap orangtua dianjurkan untuk membiasakan anak sarapan pagi. Tidak hanya sebagai sumber energi, sarapan juga dapat menunjang aktivitas buah hati sepanjang hari. Jika Anda tidak punya waktu luang untuk membuat sarapan, berikut beberapa ide menu sarapan yang tak hanya praktis, tapi juga sehat.

Menu Terbaik dan Jam Tepat untuk Sarapan Agar Kadar Gula Tidak Tinggi

Ilustrasi bubur gandum/oatmeal/sarapan.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Bubur oatmeal

Menu Sarapan Jokowi Selama 2 Hari di IKN

Campurkan oatmeal dengan susu, tambahkan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry. Bisa juga ditambahkan sedikit madu atau kismis untuk rasa manis alami.

Roti

Isi roti tawar dengan selai buah, keju, telur dadar, atau sayuran seperti selada dan tomat. Atau, bisa juga membuat roti panggang yang disajikan dengan telur orak-arik, alpukat atau selai kacang. 

Telur

Telur ceplok atau mata sapi bisa menjadi pilihan praktis. Bisa juga membuat omelet, dengan mencampurkan telur dengan sayuran seperti wortel, buncis, atau bayam. Scrambled Egg juga tak kalah lezat dan sudah pasti disukai anak-anak.

Sereal

Pilihlah sereal yang kaya serat dan protein. Tambahkan susu dan buah-buahan segar.

Bicara sereal, Hao Tran, Commercial Leader untuk Kellogg’s Asia Tenggara, turut memperkenalkan Kellogg's Coco Fills Chocolate Cereal kepada anak-anak di Indonesia. Sebagai perusahaan yang telah lama bergerak di industri sereal, Kellogg's sangat memahami peran penting sarapan sebagai bahan bakar untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

“Itulah mengapa kami hadir dengan Kellogg's Coco Fills Chocolate Cereal yang tidak hanya lezat dan mudah disiapkan, tetapi juga terbuat dari biji-bijian utuh untuk memberikan energi kepada anak-anak di pagi hari,” ujar Hao Tran dalam keterangannya, dikutip Rabu 7 Agustus 2024. 

Sereal ini diklaim terbuat dari biji-bijian utuh dengan rasa cokelat ganda, bantal cokelat dengan isian cokelat di dalamnya. Selain itu, mengandung serat yang memastikan para ibu akan kebaikan dalam setiap mangkuk.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya