Tips untuk Orang Tua dalam Mengajarkan Etika dan Keamanan di Dunia Digital

Ilustrasi Anak Kecanduan Gadget
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Dunia digital menawarkan banyak peluang, namun juga menyimpan risiko yang perlu diwaspadai, terutama bagi anak-anak dan remaja. Sebagai orang tua, penting untuk memberikan bimbingan dan edukasi yang tepat agar anak-anak bisa menggunakan teknologi dengan bijak dan aman. Berikut ini beberapa tips berdasarkan artikel tentang etika dan keamanan di dunia digital.

Ditinggal Sang Putri, Ibunda Puput Novel Histeris: Anak Paling Hebat, Ampuni Dosanya Ya Allah

Beri pengertian kepada anak-anak bahwa data pribadi seperti alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya harus dijaga dengan baik dan tidak boleh dibagikan sembarangan. Scroll lebih lanjut ya.

Lalu bantu anak-anak membuat kata sandi yang kuat dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Ingatkan mereka untuk mengganti kata sandi secara berkala, setidaknya setiap tiga bulan sekali. Kemudian Dorong anak-anak untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor pada akun media sosial mereka untuk menambah lapisan keamanan ekstra.

Jokowi Ingatkan Masyarakat saat Gunakan Medsos: Harus Cek Mana yang Benar dan Hoaks

Ajarkan anak-anak untuk selalu berkomunikasi dengan sopan dan menghormati orang lain di dunia maya. Ingatkan mereka bahwa komentar kasar dan pelecehan bisa berdampak negatif pada diri mereka sendiri dan orang lain.

Menyayat Hati, Tangis Perantau Pecah saat Saksikan Pemakaman Ibunya Cuma Lewat Video Call

Kemudian biasakan anak-anak untuk memeriksa kebenaran informasi sebelum membagikannya. Ajarkan mereka cara mencari sumber yang terpercaya dan menghindari penyebaran hoaks.

Jelaskan pentingnya menghargai karya orang lain dengan tidak mengambil atau menggunakan tanpa izin. Ajarkan anak-anak untuk selalu memberikan kredit yang sesuai jika menggunakan karya orang lain.

Diskusikan dengan anak-anak tentang bagaimana tindakan mereka di dunia maya bisa berdampak jangka panjang, baik bagi diri mereka sendiri maupun orang lain. Kutipan dari Jure Klepic, "What happens in Vegas stays in Vegas, what happens on Twitter stays on Google forever," bisa digunakan sebagai pengingat.

Workshop Makin Cakap Digital

Photo :
  • ist

elaskan bahwa apa yang mereka unggah di internet bisa mempengaruhi reputasi mereka. Ingatkan untuk berpikir dua kali sebelum memposting sesuatu yang pribadi atau kontroversial.

Selain langkah di atas, ajak anak-anak untuk mengikuti edukasi digital seperti webinar dan workshop yang membahas tentang keamanan dan etika digital. Kegiatan seperti "Makin Cakap Digital 2024" dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan yang bermanfaat.

Dengan tema "Digital Safety 101: Dasar Keamanan Akun Media Sosial" workshop itu menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya. Dedy Triawan, CTO Teman Baik Indonesia, membawakan pilar Etika. Chyntia Andarinie, Founder Mom Influencer ID, membawakan pilar Budaya. Putri Masyita, seorang Digital Content Creator, membawakan pilar Etika Digital.

Workshop daring yang berlangsung dari jam 10.00-12.00 WIT ini dikemas dengan menarik oleh moderator Patria Prathama. Putri Masyita menjelaskan pentingnya mengamankan akun media sosial. 

"Kenapa sih perlu untuk mengamankan akun media sosial kita? Ada 5 hal yang harus kita perhatikan, yaitu sebagai perlindungan data pribadi, mencegah penyalahgunaan, pentingnya privasi, menjaga reputasi online, dan konten yang aman," ujar Putri dalam keterangan tertulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya