Ajak Anak Perempuan Lakuin 4 Aktivitas Seru Ini Moms, Bisa Tingkatkan Kreativitas dan Motorik

Ilustrasi anak memasak.
Sumber :
  • Pixabay/1103997

Jakarta, VIVA – Memantau aktivitas anak sejak dini sangatlah penting sebagai tolak ukur hobi dan kemampuan tumbuh kembang anak. Aktivitas harian anak perempuan sehari-hari juga bisa memengaruhi percaya diri anak di masa golden age lho moms.

Ditinggal Sang Putri, Ibunda Puput Novel Histeris: Anak Paling Hebat, Ampuni Dosanya Ya Allah

Namun tahukah Anda, saat ini sudah banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan orangtua dan anak. Cobain yuk aktivitas-aktivitas seru berikut yang pastinya bisa meningkatkan kreativitas dan stimulasi motorik anak perempuan. Yuk, scroll!

1. Memasak

Al, El, Dul Bakal Nikah Tahun Depan, Ahmad Dhani Berencana Bagikan Asetnya

Ilustrasi anak memasak.

Photo :
  • Pixabay

Memasak bisa jadi salah satu ide aktivitas yang seru untuk dilakukan antara orangtua dan anak. Dengan aktivitas memasak ini tentu bisa mengasah kemampuan motorik halus anak perempuan, orangtua bisa mulai ajarkan anak dengan memasak makanan yang sederhana. 

Kisah Anak Tio Pakusadewo Mencari Ayahnya Selama 18 Tahun

Dengan memasak, pertumbuhan motorik anak bisa lebih berkembang ketika anak mulai mengenal tentang bahan masakan yang berbeda-beda mulai dari aroma, bentuk, jenis potongan, dan berbagai bumbu yang menarik untuk dicoba. 

Orangtua juga bisa mulai mengenalkan berbagai jenis alat memasak, jenis bahan bahan makanan seperti buah, bumbu dapur, sayuran dan memberikan informasi tentang perbedaan wangi dari setiap bahan makanan. Pastinya memasak menjadi aktivitas seru antara orangtua dan anak.

Memasak juga bisa dilakukan untuk melatih keterampilan anak perempuan dan sekaligus mengajarkan anak untuk lebih menghargai makanan, bahwa setiap makanan memiliki proses dalam setiap pembuatannya. Anak perempuan bisa lebih percaya diri apabila hasil makanan buatannya enak dan lezat. 

2. Mewarnai atau melukis

Anak menggambar.

Photo :
  • Pixabay/marimari1101

Mewarnai atau melukis juga bisa mengasah kemampuan motorik halus anak perempuan. Dengan mengenal berbagai warna dan bentuk gambar membuat imajinasi anak bisa lebih berkembang, stimulasi motorik anak lebih terlatih dengan kreativitas seperti menyesuaikan warna dan bentuk gambar dari apa yang anak lihat. 

Orangtua bisa memperkenalkan dari sensory play, buku-buku karakter yang memiliki banyak warna. Menggambar dan melukis sangat melatih imajinasi anak dan mereka bisa mengekspresikan emosi tersebut melalui gambar atau lukiasan. 

Mengenalkan anak beberapa teknik basic gambar seperti gradasi warna, tekstur cat di lukisan, campuran antar warna, sehingga bisa menghasilkan warna baru merupakan hal yang menarik sekaligus melatih tumbuh kembang motorik anak perempuan. Anak juga bisa mulai menggambar dengan tema lingkungan sekitar seperti taman, tanaman, binatang peliharaan, dan lainnya. Anda bisa melakukan aktivitas menggambar ini bersama anak sekaligus edukasi tentang kreativitas dan pengenalan warna.

3. Dance 

Ilustrasi anak menari

Photo :
  • Pixabay/Katecox

Dance juga merupakan salah satu kegiatan yang asyik untuk dilakukan. Siapa sangka, melalui dance anak bisa menyalurkan emosinya melalui setiap gerakan dan kelincahan. Dance juga bisa melatih tumbuh kembang motorik anak saat orangtua dan anak saling eksplor setiap gerakan dance yang seru dan menyenangkan. 

Setiap gerakan yang dihafalkan si anak bisa melatih tumbuh kembang dan kecepatan berpikir serta kreativitas anak. Anak juga bisa menyesuaikan gerakan dance dengan musik atau emosi anak perempuan di waktu yang sama. Anda bisa mengajarkan dance melalui video tutorial dance di media sosial, pengenalan basic dance dan Anda bisa menyesuaikan jenis dance yang anak suka seperti dance hiphop, dance ballet, tradisional dance dan lainnya.

4. Makeup

Main makeup-makeupan bersama anak perempuan memang sangat seru dan asyik. Melalui makeup tentu bisa melatih motorik anak dan bisa melatih bakat serta minat anak perempuan di bidang tata rias. Anda bisa mulai mengenalkan anak mulai dengan berbagai warna eyeshadow, konsep makeup basic, jenis-jenis makeup yang berbeda-beda, seperti lipstik, bedak, hingga eyeshadow. 

Pengenalan makeup ini membuat anak jadi makin luas wawasannya dengan mengetahui berbagai jenis produk makeup dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun hati-hati, tidak semua produk makeup dewasa aman ketika digunakan untuk kulit si kecil yang masih sensitif. 

Anda bisa coba gunakan produk makeup khusus anak dari Amara Kids yang diklaim aman digunakan oleh anak perempuan mulai usia 3 -12 tahun. Amara Kids bisa menjadi solusi untuk si kecil karena produknya sudah BPOM dan menggunakan bahan yang sangat baik untuk merawat kulit si kecil, seperti mengandung Triple Vitamin, Jojoba Oil, UV Filter dan no alcohol, no SLS, no Paraben.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya