Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Pakai Skincare Kok, Tapi Ini Syaratnya

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/user18526052

VIVA Parenting  – Kehamilan dan menyusui adalah periode penting dalam kehidupan seorang wanita. Namun seringkali disertai dengan perubahan hormon yang memengaruhi kondisi kulit, seperti lebih sensitif, pori-pori tersumbat, jerawat sampai hiperpigmentasi atau noda hitam, yang disebabkan oleh meningkatnya produksi melanin. 

Kenapa Wajib Pakai Sunscreen Minimal SPF 30? Ini 5 Alasannya

Sayangnya, banyak sekali kandungan-kandungan aktif yang efektif untuk permasalahan kulit tersebut yang tidak dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, karena ibu hamil dan menyusui perlu memerhatikan komposisi pada produk skincare yang digunakan. Lalu, apa solusinya? Scroll untuk tahu lebih lanjut, yuk!

Dokter spesialis kandungan, Dr. Beeleonie, BMedSc, Sp.OG - KFER, mengungkapkan, ibu hamil dan menyusui sebenarnya diperbolehkan menggunakan skincare, namun pilih yang kandungannya aman untuk ibu dan bayi.

5 Tips Pilih Skincare yang Aman, Cek Kemasan Hingga Izin Edar BPOM

“(Kandungannya) Diformulasikan secara khusus dengan menggunakan bahan natural dan aman yang terbukti dengan jurnal ilmiah untuk semua jenis kulit, khususnya bagi kulit ibu hamil dan menyusui yang lebih sensitif,” ujar Dr. Beeleonie dalam keterangannya, dikutip Jumat 26 Juli 2024.

Ilustrasi ibu menyusui.

Photo :
  • Pexels/Mart Production
Viral Momen Paus Fransiskus Hampiri Wanita Hamil Besar Bikin Haru, Diberikan Berkat hingga Rosario

Selain itu, dokter yang juga Founder brand perawatan kulit Dr. BeeMed itu mengatakan, skincare yang dipakai juga harus sudah teruji melalui Dermatologically Tested.

“Tidak menggunakan tambahan pewangi dengan menggunakan essential oil alami, sehingga aman untuk kulit sensitif, hypoallergenic,” jelasnya.

Dan yang tak kalah penting, produk perawatan kulit yang dipakai harus sudah lolos Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

“Sehingga aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui,” tuturnya.

Kandungan-kandungan tersebut pun sudah ada dalam rangkaian skincare Dr. BeeMed. Di Awal peluncurannya, Dr. BeeMed mengeluarkan 3 produk untuk perawatan wajah dan tubuh, di antaranya Dr. BeeMed Bee Gentle Facial Cleanser, Dr. BeeMed Bee Gentle Balancing, dan Dr. BeeMed Bee Gentle Moisturizing.

“Semua produk Dr.BeeMed, efektif membersihkan, mencerahkan, melembapkan, menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit ibu hamil dan menyusui agar dapat tetap tampil cantik dan percaya diri,” pungkas dr. Beeleonie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya