Rekomendasi Daycare Berbasis Montessori di Bintaro

PlayHive Montessori Daycare Bintaro
Sumber :
  • PlayHive Montessori Daycare Bintaro:

BINTARO  –   Kini semakin banyak orang tua yang keduanya bekerja, sehingga menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan merawat anak menjadi tantangan tersendiri. Semakin banyak orang tua sadar pentingnya daycare menjadi salah satu kebutuhan utama bagi orang tua untuk merawat dan mengasuh anaknya.
 
Pengasuhan anak pada 6 tahun pertama merupakan hal yang sangat krusial karena pembentukan otak anak 90 persen terbentuk ketika anak mencapai usia 6 tahun. Salah satu metode pembelajaran yang banyak diminati orang tua adalah metode Montessori

33 Tahun Pengabdian, Alumni Akpol 91 Bhara Daksa Beri Kado untuk Pengasuh saat Taruna

Montessori adalah metode pengajaran yang berfokus kepada pembelajaran konkret bukan abstrak. Kurikukum Montessori bertujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak di masa periode emas melalui lima fokus area yaitu sensorial, kehidupan praktis sehari hari, bahasa, matematika dan budaya. 

Kini di daerah Bintaro, Tangerang Selatan terdapat rekomendasi daycare modern berbasis Montessori sebagai salah satu pilihan, yaitu PlayHive Montessori Daycare & Learning Hub. 

Mana yang Lebih Baik ke Daycare atau Rawat Anak Sendiri? Begini Tanggapan Dokter Ardi Santoso

Daycare yang berlokasi di Jl Kasuari raya blok HD-8A No.5, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan ini bernuansa modern serta menggunakan teknologi seperti penggunaan aplikasi untuk laporan harian untuk memudahkan para orang tua mengecek aktivitas si kecil selama di daycare dengan komprehensif. 

Bukti Baru, Balita yang Dianiaya Tata Pemilik Daycare Alami Skoliosis dan Radang Paru-paru

Daycare ini didirikan oleh pasangan suami istri yang menyukai Pendidikan anak usia dini, Indah Tri Novita seorang kandidat doktoral di Universitas Indonesia dan lulusan Diploma Montessori serta Ikhwan Tauhid, yang memiliki latar belakang di bidang teknologi dan start up lebih dari 17 tahun. Keduanya juga turut menggandeng pakar untuk membantu seperti Lintang Purwara Dewanti, S.Gz, M.Gizi terkait pemilihan menu makanan agar sesuai dengan gizi seimbang dan memenuhi kebutuhan kalori si kecil sesuai usia. 

“PlayHive didirikan karena kami melihat banyak para working parents yang memiliki tantangan bekerja sambil mengasuh anak. Sehingga kami ingin memberikan solusi dengan mendirikan daycare yang menyeluruh, dimulai dari pengasuh yang professional, menggunakan kurikulum Montessori yang memang sudah teruji sejak lama, dan penggabungan menggunakan teknologi yang modern untuk menjadi solusi bagi modern parents. Sehingga orang tua bisa tetap nyaman bekerja, namun si kecil bisa diasuh dan mendapatkan stimulasi yang optimal,” ujar Ikhwan Tauhid, Founder PlayHive Montessori Daycare & Learning Hub. 

PlayHive Montessori Daycare Bintaro

Photo :
  • PlayHive Montessori Daycare Bintaro

Tidak hanya memiliki fasilitas daycare, PlayHive juga memiliki berbagai macam aktivitas yang beragam untuk si kecil, seperti mengaji, Montessori calistung, kelas main dan kelas pop up untuk si kecil.

Berikut Lima fasilitas  di PlayHive Montessori Daycare Bintaro:
1.Berfokus kepada 5 area pembelajaran Montessori
Menggunakan metode Montessori inspired sebagai basis dalam kegiatan di daycare, PlayHive menggunakan 5 area di bidang practical life, sensorial, Bahasa, matematika dan budaya. 

•Practical life: Kehidupan keterampilan sehari-hari yang mencakup keterampilan motorik halus meliputi merawat diri sendiri, lingkungan dan kegiatan lainnya. Di sini anak diajarkan untuk menggunakan pakaian sendiri, mencuci tangan, menanam tanaman dan membereskan kasurnya setelah digunakan.
•Sensorial: Kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan seluruh Indera yang dimiliki anak, baik visual, pendengaran, penciuman, pengecapan hingga taktil. 
•Bahasa: Sistem komunikasi yang berhubungan dengan suara, pembentukan kata-kata, kalimat dan tata bahasa. Anak anak diajarkan menggunakan sand paper letter dan phonic sounds. 
•    Matematika: Pembelajaran yang membantu anak anak memahami konsep matematika dari konkret ke abstrak menggunakan berbagai apparatus seperti spindle box, number and counter serta sand paper number
•    Budaya: Pembalajaran untuk mengajak anak anak memahami dunia, seperti geografi, hewan, tumbuhan, sejarah. 

2.    Memfokuskan kemandirian dan optimalisasi potensi anak
Kurikulum Montessori yang memfokuskan kepada kemandirian pada anak dan meningkatkan potensi anak di masa periode sensitifnya. Di PlayHive, kami mempersiapkan lingkungan, mengamati dan membuat penyesuaian bila diperlukan untuk memenuhi kebutuhan anak. Para pengasuh dan staff selalu menunjukan teladan positif bagi anak dan terus menunjukan sikap kebaikan agar anak bisa menyerapnya dengan baik ketika di masa fase pikiran menyerap hingga usia 6 tahun. 
3.    Pengasuh terpercaya dan professional
PlayHive memiliki pengasuh yang berlatar belakang perawat dan pendidikan anak usia dini. Seluruh staff telah mendapatkan pelatihan dari professional doctor terkait materi kedaruratan dan pertolongan pertama pada anak dan filosofi montessori dari para ahli. Seluruh kurikulum dibuat oleh tim ahli yang memiliki sertifikasi Diploma Montessori pada anak usia dini. 

4.    Ruangan yang modern, sehat dan aman
Ruangan ditatata dengan warna warna yang indah dan gambar yang menarik bagi anak. PlayHive menggunakan CCTV di setiap ruangannya, air purifier dengan HIPA filter di setiap lantai, serta busa pengaman di setiap sudut. Laporan harian pun diberikan menggunakan aplikasi yang terdiri dari foto foto serta laporan terkait makan, tidur siang dan aktivitas anak yang mudah diakses oleh orang tua. 

5.    Penyediaan makanan sehat dan kunjungan oleh psikolog & dokter gigi
Menu makanan yang dipilihkan oleh PlayHive telah mendapatkan review dari ahli gizi. Anak diberikan makanan sebanyak 3x dan 1x snack. Selain itu setiap 6 bulan sekali juga akan ada pemeriksaan rutin oleh psikolog dan dokter gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya