Asmirandah Batasi Screen Time ke Anak, Chloe Tegur Papanya saat Makan Sambil Main Gadget

Asmirandah dan Chloe
Sumber :
  • VIVA/Ayesha Puri

VIVA – Sebagai ibu dari anak generasi Alpha (Gen Alpha), Asmirandah mengaku kesulitan dalam membesarkan anak di tengah situasi era digital sekarang ini. Aktris cantik itu mengungkapkan putrinya, Chloe Emmanuelle Van Wattimena yang lahir pada 25 Desember 2020 itu sama seperti Gen Alpha lainnya yang sangat aktif.  

Al, El, Dul Bakal Nikah Tahun Depan, Ahmad Dhani Berencana Bagikan Asetnya

Asmirandah mengatakan Chloe memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap dunia digital. Meski dihantui potensi kecanduan atau terpaparnya, Asmirandah berharap agar Chloe bisa tetap mengikuti perkembangan teknologi tanpa mengesampingkan sikap terpuji.

"Ingin (Chloe) tetap keep up dengan perkembangan zaman sekarang tapi jangan sampai attitude-nya tidak baik," ucap Asmirandah saat ditemui di Bekasi pada acara Explore Wonderland. 

Kisah Anak Tio Pakusadewo Mencari Ayahnya Selama 18 Tahun

Asmirandah dan Chloe Emanuelle Van Wattimena

Photo :
  • IG @asmirandah89

Di awal, istri Jonas Rivanno sempat mengalami dilema apakah adanya potensi Chloe kecanduan gadget. Namun, akhirnya Asmirandah memutuskan membatasi screen time untuk Chloe tetapi  tetap memperkenalkan manfaat utama gadget kepada anak.

BNPT Sebut Anak-anak Hingga Perempuan Rentan Terpapar Radikalisme

Keteguhan membatasi penggunaan teknologi ke anak masih ia jalankan sampai saat ini. Tak hanya kerja sama dengan sang suami, Asmirandah menyampaikan bahwa membatasi screen time anak perlu komitmen seluruh anggota keluarga. Aktris cantik itu pun bersyukur Chloe sudah lolos dari ketergantungan gadget. 

Menurut Asmirandah, Chloe tidak memiliki kecenderungan bermain gadget secara terus-menerus. Intensitas Chloe bermain gadget dapat dihitung dengan jari selama beberapa bulan.

Keberhasilan Chloe dengan tidak kecanduan gadget jadi kebanggaan tersendiri bagi Asmirandah dan suami. Tak jarang, Chloe yang justru mengingatkan orang dewasa di sekitarnya untuk tidak bermain gadget. 

"Papahnya kadang-kadang lagi makan suka nonton (menggunakan gadget), dia (Chloe) yang bahkan mengingatkan kita  dengan menegur secara halus, 'Papah ko nonton, Chloe aja gak nonton' langsung Papahnya bilang maaf dan simpan gadgetnya dan makan seperti biasa," ujar Asmirandah. 

Asmirandah mengatakan penerapan screen time berdampak baik bagi keluarga jadi saling mengingatkan satu sama lain. Dengan implementasi pembatasan penggunaan gadget, Asmirandah berharap Chloe dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Pemilik nama Asmirandah Zantman memiliki trik agar anaknya tidak kecanduan gadget dengan mengajak Chloe bereksplorasi. Misalnya main di luar ruangan (outdoor) hingga berinteraksi dengan teman sebaya di sekitar rumah maupun hewan yang ada di rumah. 

"Aku tidak khawatir membiarkan Chloe bereksplorasi secara langsung di outdoor, juga membiarkan dia bebas bermain dengan berbagai benda maupun hewan di lingkungan sekitar sehingga anak bisa terus bebas menjelajahi dunianya dan mengoptimalkan potensi tumbuh kembangnya", tutur Asmirandah.

Walaupun sampai saat ini, Asmirandah belum mengizinkan putrinya memiliki hewan peliharaan karena alasan Chloe belum begitu paham makna hewan peliharaan. Sehingga dikhawatirkan akan menyakiti hewan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya