5 Tips Ampuh Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia Dini

Membaca buku bersama anak
Sumber :
  • momslovesbest

VIVA – Membaca merupakan salah satu kemampuan penting yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Membaca membuka gerbang pengetahuan, meningkatkan imajinasi, dan memperkuat berbagai keterampilan penting bagi perkembangan anak.

Guru Perempuan Terciduk ML dengan Murid hingga Hamil, Dihukum 6 Tahun Bui

Namun, di era digital ini, di mana anak-anak lebih mudah terpapar gadget dan hiburan elektronik, menumbuhkan kecintaan membaca pada anak bisa menjadi sebuah tantangan.

Anak membaca buku.

Photo :
  • Pixabay
Kekurangan Bahan Bakar, RS di Gaza Akan Berhenti Beroperasi Selama 48 Jam

Berikut beberapa strategi efektif yang dapat digunakan orang tua untuk membantu anak agar senang membaca:

1. Berikan Contoh yang Baik

Udah USG, Anak Ketiga Jessica Iskandar Cewek Apa Cowok?

Anak-anak adalah peniru ulung. Jika orangtua sering terlihat membaca buku, maka anak pun akan terdorong untuk mengikuti. Jadilah teladan yang baik dengan menunjukkan bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat.

2. Ciptakan Suasana Membaca yang Nyaman

Sediakan sudut baca yang nyaman dan tenang di rumah. Pastikan sudut baca memiliki pencahayaan yang baik dan bebas dari gangguan. Anda juga dapat mendekorasi sudut baca dengan rak buku yang menarik dan penuh dengan buku-buku yang menarik minat anak.

3. Kenalkan Buku Sejak Dini

Bacakan buku untuk anak sejak mereka masih bayi. Pilihlah buku-buku dengan gambar yang menarik dan warna-warna yang cerah. Anda juga dapat menyanyikan lagu-lagu anak atau menceritakan dongeng untuk menarik minat mereka pada buku.

4. Ajak Anak ke Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk mengenalkan anak pada berbagai macam buku. Biarkan anak memilih buku yang mereka sukai dan ajak mereka membaca bersama. Anda juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan menarik di perpustakaan, seperti acara mendongeng atau kelas membaca.

5. Pilihlah Buku yang Sesuai Usia dan Minat Anak

Jangan memaksakan anak untuk membaca buku yang tidak mereka sukai. Biarkan mereka memilih buku yang sesuai dengan usia dan minat mereka. Ada banyak sekali jenis buku anak yang tersedia, seperti buku cerita, buku sains, buku komik, dan lain sebagainya.

6. Jadikan Membaca sebagai Kegiatan yang Menyenangkan

Hubungkan membaca dengan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Anda dapat membaca buku bersama sebelum tidur, atau membawa buku saat bepergian. Anda juga dapat bermain game edukasi yang berhubungan dengan buku, seperti menebak judul buku dari gambarnya atau menjawab pertanyaan tentang isi buku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya