Ketahui 5 Bagian Tubuh Anak yang Tidak Boleh Disentuh Orang Lain Kecuali Orang Tua

Ilustrasi pelecehan seksual
Sumber :
  • Freepik: pikisuperstar

VIVA – Kekerasan dan pelecehan seksual pada anak merupakan perbuatan yang tidak hanya merenggut masa depan anak, tetapi juga meninggalkan trauma mendalam yang berkepanjangan. 

Mahasiswa LSPR Luncurkan Program Ruang Belajar untuk Cilincing

Kekerasan dan pelecehan seksual pada anak dapat memberikan dampak yang serius bagi korban, baik secara fisik, emosional maupun psikologis.

Untuk menghindari marabahaya tersebut, para orang tua sudah sepatutnya memberikan edukasi tentang kekerasan dan pelecehan kepada anak. Hal itu merupakan langkah penting untuk mencegah terjadinya pelecehan dan melindungi mereka dari perbuatan tak diinginkan.

Eks Pimpinan JAD: Deradikalisasi Napiter Penting, Jangan Sampai Tidak Dilakukan

Lantas, bagaimana upaya untuk mencegah kekerasan maupun pelecehan seksual pada anak?

Tentunya para orang tua harus memberikan edukasi pencegahan yang sedini mungkin pada anak. Hal ini sejalan dengan pendapat Prof. Dr. dr. Meita Dhamayanti, Sp.A(K), M.Kes, Anggota Satgas Perlindungan Anak PP IDAI, yang menekankan pentingnya orang tua memberikan pemahaman kepada anak tentang bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain.

Menko Polhukam Sebut Ada 164 Wartawan Main Judi Online, Datanya Lengkap di PPATK

Prof. Dr. dr. Meita Dhamayanti, Sp.A(K), M.Kes

Photo :
  • Istimewa

“Beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan sekarang ini, orang tua bisa menyampaikan dan mengingatkan pada anak bahwa ada beberapa bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain kecuali orang tua,” tutur Meita Dhamayanti melalui seminar media mengenai ‘Bagaimana Mengajarkan dan Melindungi Anak dari Kekerasan dan Pelecehan Seksual’ pada Kamis, 20 Juni 2024.

Adapun lima bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain secara sembarangan ialah bagian leher, daerah mulut, daerah dada, daerah alat kelamin, dan daerah untuk buang air besar. 

Meita menjelaskan bahwa kelima bagian tubuh tersebut adalah pemahaman yang bisa orang tua sampaikan pada anak untuk mengedukasi mereka agar dapat menjaga diri dari hal yang tidak diinginkan.

“Itu lima (bagian tubuh) yang bisa orang tua sampaikan pada anak. Kenalkan saja lima bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain,” jelas Meita.

Bagian tubuh pada anak hanya boleh disentuh oleh orang tua, seperti sedang memandikan dan membersihkan sang anak setelah buang air. Dokter Meita pun menyatakan bahwa anak berhak untuk menolak sentuhan yang membuat mereka tidak nyaman, termasuk dari orang yang mereka kenal.

“Katakan tidak pada orang lain yang ingin menyentuh bagian pribadi dan menyuruh anak untuk membuka baju secara sembarangan. Kalau memang hal negatif terjadi, segera lari dan teriak. Hal itu lah yang bisa diajarkan dan diberikan edukasi pada anak,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya