10 Tips Good Parenting: Nasihat untuk Orang Tua dalam Mendidik Anak

Tips Good Parentiing: 10 Nasihat untuk orang tua
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA Parenting – Membesarkan anak adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan suka duka, tantangan, dan pembelajaran. Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Para orang tua selalu berusaha menjadi sosok yang 'ideal' bagi anaknya.

Langkah Jitu Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Mencapai Kesejahteraan Finansial!

Sayangnya, tidak ada orang tua yang sempurna. Hal itu lantaran orang tua kerap dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam mendidik dan membimbing anak-anak mereka. Sehingga lumrah rasanya jika setiap orang tua melakukan kesalahan dalam mendidik anaknya. Stop menyalahkan diri sendiri dan terus belajar untuk menjadi orang tua terbaik sang buah hati.

Ketika anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi sukses maka muncul kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri dalam diri orang tua. Untuk mencapai tujuan mulia itu tentu harus dilakukan step by step. 

Disebut Tenang karena Bekingan Orang Tua Saat Isu Selingkuh, Azizah Salsha: Itu Berkah dari Allah

Mengutip Times of India, beberapa tips good parenting terkait nasihat untuk orang tua dalam mendidik anak. Simak penjelasan berikut ini ya!

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/bristekjegor
Rahasia Finansial: 6 Tips Hidup Hemat yang Wajib Dicoba Kalangan Menengah

1. Penuhi Kebutuhan Dasar Anak

Pastikan anak-anak mendapatkan kebutuhan dasar mereka terpenuhi. Mulai dari makanan bergizi, tempat tinggal yang nyaman, pakaian yang layak, dan akses terhadap pendidikan dan kesehatan.

Kebutuhan dasar juga mencakup pemenuhan emosional anak berupa kasih sayang dan perhatian melalui sentuhan fisik, kata-kata positif, dan waktu berkualitas bersama. Hal ini akan membangun rasa aman dan kedekatan yang kuat antara orang tua dan anak.

2. Tetapkan Batasan yang Jelas

Orang tua harus mempunyai batasan yang jelas dengan anak. Terapkan batasan yang telah dibuat secara konsisten. Jelaskan kepada si buah hati alasan dibalik aturan tersebut sehingga ia dapat memahaminya. Dengan begitu, anak-anak akan berkembang menjadi sosok disiplin.

3. Jadilah Teladan yang baik.

Anak-anak lebih mudah meniru apa yang dilakukan orang tuanya daripada diberikan penjelasan panjang lebar. Sehingga penting untuk berperilaku baik dan terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan anak akan mengikuti dan terbiasa berperilaku santun.

4. Membiasakan Komunikasi Jujur dan Terbuka 

Menumbuhkan komunikasi yang terbuka dan jujur dapat dilakukan dengan menunjukkan empati kepada anak. Ajak buah hati untuk mengungkapkan pendapatnya tentang suatu hal secara jujur sebagai stimulus membuka ruang obrolan. Ayah dan ibu harus menamakan untuk tidak menghakimi atas setiap ucapan yang keluar dari mulut anak. Lantaran jika orang tua menghakimi, anak justru takut dan lebih memilih memendam perasaannya. 

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

5. Dorong Kemandirian dan Kreativitas Anak

Berikan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar mandiri dan berkreasi.Dukung mereka dalam mengeksplorasi minat dan bakatnya. Mendorong eksplorasi, kreativitas, dan pemikiran kritis membantu anak-anak mengembangkan kemampuan intelektual dan sosial.

Orang tua juga perlu mengajarkan keterampilan anak untuk mengambil keputusan sejak dini. Dorong mereka untuk membuat pilihan, memecahkan masalah dan belajar dari pengalamannya. 

6. Memberikan Dukungan Emosional

Dukungan emosional sangat diperlukan bagi anak untuk menumbuhkan sikap percaya diri. Buatlah suasana di rumah dengan penuh kenyamanan. Orang tua pun dapat sesekali memberikan validasi serta membantu anak memahami perasaannya sendiri. Sehingga ketika ia beranjak dewasa, anak sudah bisa mengontrol emosi dengan baik.

7. Mengajarkan Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain

Orang tua kerap mengajarkan anak untuk menghargai orang lain. Namun, mereka lupa tentang menanamkan untuk menghargai diri sendiri. Berikan contoh dan perilaku hormat dan berempati, kebaikan, dan perhatian terhadap orang lain. 

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.

Photo :
  • Freepik/gpointstudio

8. Luangkan Waktu Berkualitas

Luangkan waktu berkualitas bersama anak-anak tanpa gangguan gadget atau pekerjaan. Bermain bersama, bacakan cerita, atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan. Keterlibatan orang tua dalam setiap perjalanan tumbuh kembang anak mempengaruhi ikatan (bonding). 

9. Berikan Pujian dan Apresiasi

Ketika anak berhasil menyelesaikan tugas atau menunjukkan perilaku yang baik, berikan pujian dan apresiasi. Hal ini akan memotivasi anak untuk terus berperilaku baik dan berusaha lebih keras.

10. Bersabar dan Terus Belajar Memahami Anak 

Mengasuh anak adalah perjalanan yang penuh dengan tantangan. Latihlah kesabaran, pengertian dan berikan maaf kepada anak dan diri sendiri jika menghadapi situasi yang tidak sesuai ekspektasi.

Menerapkan good parenting bukanlah tugas yang mudah tapi bukan juga mustahil. Dengan komitmen dan kesabaran, para orang tua pasti dapat membantu anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang terbaik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya