Viral Pria Gendong Bayi seperti Akrobat, Ternyata Ini Penjelasannya

dr Ali Sungkar, peragakan metode menggendong anak
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa W

VIVA – Sebuah video seorang dokter yang menggendong bayi baru-baru ini viral di media sosial. Dalam video itu, dokter yang belakangan diketahui ialah dr. Ali Sungkar SpOG yang merupakan seorang dokter ahli kandungan. 

Kebahagiaan Via Vallen Saat Pertama Kali Gendong Anak: Cinta Pada Pandangan Pertama

Hal yang membuat video ini menjadi viral, lantaran dr. Ali terlihat menggendong bayi yang baru lahir tersebut layaknya sedang akrobat. Beberapa kali ia hanya memegangnya dengan satu tangan, bahkan ia sempat menaruhnya di belakang tubuhnya. 

dr Ali Sungkar, peragakan metode menggendong anak

Hati-hati, Salah Gendong Bisa Sebabkan Bayi Alami Displasia Pinggul

Hal ini praktis membuat banyak orang ngeri sekaligus ngilu dan takut bayi itu akan jatuh. Saat dihubungi VIVA, Sabtu 30 Maret 2019, dr. Ali pun menjelaskan hal yang dilakukannya di dalam video tersebut. 

"Jadi emang mesti dilakukan dengan hati-hati, maksudnya saya melakukannya bukan dengan sembarangan. Tapi tetap menjaga punggungnya, kepalanya," ungkap Ali kepada VIVA

Salah Menggendong Bisa Berdampak Risiko Gangguan Pertumbuhan Tulang pada Bayi

dr Ali Sungkar, peragakan metode menggendong anak

Namun, satu hal yang harus digarisbawahi bahwa yang dilakukannya sangat tidak dianjurkan oleh orang awam. Cara menggendong yang dilakukannya hanya boleh dilakukan oleh mereka yang telah ahli dalam menggendong bayi, yang dalam hal ini ialah dokter kandungan. 

"Kalau yang baru-baru jangan. Tapi poinnya saya cuma mau bilang sama keluarganya begini loh kalau pegang bayi, supaya bisa bawa bayi dengan nyaman dan aman," ungkap dia. 

Ali mengungkapkan bayi akan merasa nyaman dan aman ketika orang yang menggendongnya juga merasa nyaman. Jika yang menggendongnya justru merasa takut dan kaku, hal ini justru membuat sang bayi tidak nyaman. 

"Orang mungkin menyangka itu seperti akrobat, saya mengajarkan itu supaya keluarganya itu kalau megangnya benar dia akan nyaman-nyaman aja, bayi itu kalau dipegang enggak nyaman dia akan nangis," ujarnya.

dr Ali Sungkar, peragakan metode menggendong anak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya