Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Asing?

Ilustrasi anak belajar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pengembangan bahasa merupakan bagian penting dalam perkembangan anak agar mereka memiliki kemampuan berkomunikasi, memahami dan mengekspresikan perasaan. Belajar mengenal, memahami, menggunakan dan menikmati bahasa menjadi langkah awal dalam mengasah kemampuan literasi anak dan penting diberikan sejak usia dini.

Apple Intelligence Menyediakan 8 Versi Bahasa Inggris

Hal ini pun didukung oleh penelitian pendidikan terbaru dalam P21 Framework for 21st Century Skills. Penelitian ini menyebutkan bahwa terdapat beberapa keterampilan yang diperlukan siswa agar berhasil dan sukses di masa depan. Keterampilan tersebut meliputi kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, literasi (informasi dan teknologi), serta sosial dan kolaborasi.

Namun, kapankah sebaiknya anak mulai belajar bahasa, khususnya bahasa asing? Menurut psikolog pendidikan dan anak Elizabeth Santosa, sebenarnya tidak ada aturan tertentu yang menentukan usia berapa seharusnya anak belajar bahasa. Psikolog dengan sapaan Lizzie itu berpendapat bahwa pengembangan bahasa bisa saja tergantung pada kesepakatan kedua orangtua anak.

Dapat Tugas Nyanyi Bahasa Inggris, Siswa Indonesia Bawakan Lagu Glory Glory Man United

"Misalnya, ibu ingin bahasa pertama yang digunakan bahasa Inggris, silakan saja," kata Lizzie saat ditemui di acara peluncuran program EF Small Stars di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.

Karena itu, menurut Lizzie, pengenalan bahasa adalah bagian dari nilai keluarga yang ditanamkan orangtua. Bahasa adalah hal instingtif yang diajarkan orangtua, bahkan sebelum anak bisa berbicara.

Belajar Bahasa Inggris Cepat Lewat Metode Dual Track

Untuk mendukung orangtua dalam pengenalan bahasa pada anak ini, EF meluncurkan inovasi program EF Small Stars. Ini merupakan program pendidikan bahasa Inggris nonformal khusus untuk anak usia 3-6 tahun.

Regional Director EF English First Indonesia Elisabeth Maria mengatakan, program ini menggunakan metode belajar holistik melalui pendekatan pendidikan yang disesuaikan dengan tahapan usia anak. Pembelajaran dirancang agar dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, kemampuan motorik halus dan kasar, serta kemampuan bahasa dan kognitif anak-anak dengan optimal. (tsy)

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo

Begini Cara Polri Agar Anggotanya Bisa Cas Cis Cus Berbahasa Inggris

SSDM Polri terus melakukan inovasi dan terobosan guna mengembangkan potensi dan kemampuan personel Polri.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2024