Lezatnya Taiyaki, Kue Berbentuk Ikan Asal Jepang

Taiyaki
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Bicara kuliner Jepang, yang satu ini wajib Anda coba. Taiyaki, makanan ini sedikit mirip dengan martabak. Setidaknya begitulah yang diucapkan Firdaus Priyo Hartomo dari gerai Fujisan Taiyaki asal Jepang.

Sensasi Nikmati Omakase Premium dan Oishii Japanese Brunch yang Lezat

"Sebenarnya sudah ada makanan Indonesia yang mirip dengan taiyaki yaitu martabak," kata pria yang akrab disapa Rio ini saat pembukaan Japan Food Festival di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Senin, 31 Oktober 2016.

Bedanya dengan martabak adalah, Rio menjelaskan, Taiyaki merupakan soul food bagi orang Jepang. Makanan yang biasanya terbuat dari adonan dari tepung terigu, telur dan susu ini umum disantap bersama-bersama dan biasa dijadikan sebagai hadiah di sebuah perayaan.

7 Rekomendasi Tempat Makan Cocok untuk Keluarga di Jabodetabek, Ada Kuliner Nusantara hingga Jepang

Adonan taiyaki selalu dimasak di dalam cetakan berbentuk ikan dan diberi isian pasta atau selai kacang merah manis. Meski begitu, seiring berjalannya waktu, semakin banyak taiyaki yang diisi dengan berbagai varian isian, mulai dari cokelat hingga es krim.

Untuk Taiyaki yang dijual oleh gerai Fujisan Taiyaki ini, bahannya sangat aman dikonsumsi karena pembuatannya tidak menggunakan minyak, pengembang dan bahan pengawet.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

"Makanan ini lebih baik disantap hangat karena jika sudah dingin akan mengeras karena kami tidak menggunakan pengembang," kata Rio.

Mereka menawarkan taiyaki dengan tiga pilihan isi yaitu matcha, keju dan kacang merah. Rio mengaku bahwa Taiyaki ini mencerminkan pola makan orang Jepang yang sehat dan itu yang ingin ia perkenalkan melalui makanan tersebut.

"Saya mau memperkenalkan budaya kuliner Jepang. Mungkin kalau orang Indonesia susah mencapai umur 70, 80-an, saya berpikir untuk memperbaiki itu dengan memperbaiki pola makan yaitu dengan mengurangi makanan yang berminyak dan tanpa bahan pengawet," ujar pria asal Bandung yang menyelasaikan studi S2 di Jepang tersebut.

Taiyaki yang diproduksi oleh Fujisan Taiyaki ini bisa Anda cicipi di Japan Food Festival di Mall Kota Kasablanca mulai 31 Oktober hingga 13 November 2016. Harga kue ini dibanderol Rp22 ribu. Jika Anda membeli tiga Taiyaki, maka Anda akan mendapatkan cinderamata berupa uang koin Jepang senilai 5 yen.

Aneka jajanan Jepang.

Berburu Jajanan Jepang di Tangerang, Banyak Macemnya Gen Z Pasti Suka

Selain sushi jajanan Jepang favorit lainnya yang bisa ditemukan di sini antara lain, onigiri, chicken karaage dengan berbagai rasa, tempura yang sangat renyah hingga oden

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024