Tips Jitu Membuat Cheesecake Lezat di Rumah

Ilustrasi cheesecake stroberi
Sumber :
  • Dok. Cheesecake Factory

VIVA.co.id - Bagi Anda penggemar cheesecake, rasanya kurang asyik jika selalu menikmati buatan kafe atau toko roti.

Tak ada salahnya Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemukan di supermarket.

Nah, jika Anda sudah menemukan resep yang pas, jangan buru-buru mempraktikkannya di dapur. Ada sejumlah catatan dan langkah-langkah penting yang harus Anda ketahui dan tidak boleh dilewatkan.

Untuk itu, Chef Steve Diaz, Pastry Chef Colette & Lola berbagi beberapa tips membuat cheesecake untuk Anda perhatikan.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Simak daftarnya berikut ini:

Biskuit

Biskuit sebaiknya dihaluskan menggunakan food processor agar teksturnya rata dan mudah disantap.

"Jangan lupa menambahkan butter yang sudah dilelehkan saat menghaluskan biskuit. Ini akan membuat biskuit jadi mudah dipadatkan di dasar loyang dan tidak cepat gosong saat dipanggang," ujar Chef Diaz saat ditemui di acara demo masak Anchor di Colette & Lola, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Agustus 2015.

Sendok

Kue Stroberi dan Mangga Paling Diminati Tahun 2016

Ia juga mengatakan bahwa saat memadatkan biskuit di dalam loyang kue, Anda bisa menggunakan sendok. Ada baiknya juga Anda membentuk remah biskuit menjadi dua tingkat, yang di bagian bawah diameternya lebih kecil dibanding yang atas. Itu dilakukan agar adonan krim keju menempel dengan sempurna dan tidak memisah setelah matang.

Alas loyang

Jangan lupa untuk mengalasi bagian bawah dan sisi loyang kur dengan kertas roti agar adonan tidak menempel dan dapat dikeluarkan dengan mudah saat selesai dipanggang.

Krim keju

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama

Sebelum mencampur krim keju dengan bahan-bahan lain, ada baiknya Anda mendiamkannya terlebih dahulu di suhu ruangan.

"Jangan mengolah krim keju yang masih beku, karena dia tidak akan bisa menyatu bersama bahan lain dengan baik. Teksturnya juga tidak akan smooth," ujar Chef Diaz.

Selain itu, Anda disarankan untuk mengolah krim keju menggunakan food processor akan tidak ada gumpalan yang akan membuat kue menjadi kurang cantik.

"Tekstur adonan krim keju yang telah dicampur bahan-bahan lain harus benar-benar halus, tapi tidak terlalu cair," kata Chef Diaz.

Suhu oven

Terakhir, perhatikan suhu oven Anda. Waktu memanggang cheesecake tergantung dengan ukuran loyang kue Anda. Untuk kue ukuran standar, gunakan suhu 180-190 derajat celcius dan panggang kurang lebih selama 30 menit.

Chef Diaz mengingatkan agar tidak terlalu lama memanggang cheesecake Anda, karena krim keju akan menjadi keras dan kering. (art)

Ilustrasi rempah

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Jangan menyimpannya di ruang terbuka atau menghadap ke arah jendela.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016