Ini Asupan yang Membuat Sulit Tidur

Ilustrasi makan di tempat tidur
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Bila Anda sering mengalami kesulitan dalam tidur atau insomnia, coba perhatikan pola makan. Hal itu karena asupan makanan dan minuman bisa menyebabkan gangguan tidur yang cukup meresahkan.
Klasemen MotoGP 2024 Setelah Marc Marquez Juara di San Marino

Shelly Redmond, RD seorang ahli makanan dan penulis buku Eat Well and be Fabulous mengatakan, ada beberapa makanan yang harus dihindari bila Anda ingin tidur nyenyak.
Seeding Run Balapan Sepeda PON 2024, Tentukan Posisi Start di Final

Berikut daftar makanan itu seperti diberitakan laman Media Magic, 18 November 2014.
Tekuk NTT 3-4 di Laga Futsal Putra, Banten Boyong Medali Perunggu PON 2024

Kafein

Semua orang tahu bahwa kafein dapat membuat orang sulit tidur. Tapi kafein tidak hanya terkandung dalam soda atau kopi. Beberapa minuman seperti teh atau obat-obatan tertentu juga mengandung kafein dan dapat menyebabkan insomnia. Bila Anda sensitif terhadap kafein, Anda harus menghindari minuman atau obat-obatan yang mengandung kafein atau paling tidak konsumsilah 8 jam sebelum waktu tidur.

Alkohol

Banyak yang berpendapat bahwa alkohol dapat membantu tidur. Sebenarnya alkohol tidak membuat Anda tidur, malah memberikan kualitas tidur yang sangat rendah. Selain itu alkohol membuat Anda sering terbangun di malam hari. Alkohol akan menurunkan kualitas tidur.
 
Air

Air yang dibutuhkan tubuh dapat membantu menjaga kesehatan atau membantu Anda menurunkan berat badan. Tapi air bukanlah teman baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Anda akan sering terbangun di malam hari karena ingin buang air jika Anda minum terlalu banyak. Ini tidak hanya mengganggu siklus tidur Anda, tetapi juga menurunkan kualitas tidur. Hindari mengkonsumsi air satu jam atau 90 menit sebelum tidur.

Makanan fermentasi

Makanan fermentasi mengandung zat yang disebut Tyramine. Zat ini dapat merangsang otak dan membuatnya sulit untuk tidur. Beberapa makanan seperti keju, salami, ikan asap dan lainnya juga harus dihindari.

Tomat

Tomat mengandung banyak asam yang dapat membuat perut tidak nyaman di malam hari. Oleh karena itu, hindari makanan yang mengandung tomat atau makanan pedas untuk mencegahnya. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan yang mengandung tomat, konsumsilah setidaknya tiga jam sebelum waktu tidur.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya