Ritual Unik Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Ilustrasi pasangan
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Bunga, cokelat, surat cinta hingga makan malam romantis, kerap dijadikan hadiah di hari valentine. Hari ini memang identik dengan momen di mana para pasangan saling menunjukkan rasa sayang.
Bakal Ada yang Baru di Motor Touring Honda NT1100

Namun di beberapa negara, hari velantine dirayakan dengan cara beda. Bukan lagi dengan hadiah romantis, perayaan valentine pun dijadikan ajang mencari jodoh oleh para lajang. Dilansir The Daily Meal, berikut perayaan unik valentine di berbagai negara.
Dampak Budaya Asing terhadap Gen Z: Adaptasi atau Akomodasi?

Perancis
Beragam Cara Klaim Manfaat JHT BPJS Ketenagakerjaan

Di negara ini wanita yang tidak memiliki pasangan akan tetap di dalam rumah masing-masing dan berdiri dekat jendela. Ini dilakukan agar pria lajang dapat melihat mereka. Si wanita akan memanggil. Jika cocok, mereka akan berpasangan. Tapi jika pria tidak menyukai wanita tersebut, ia akan meninggalkan wanita itu dan pergi ke rumah berikutnya.

Selanjutnya, wanita yang tidak dipilih dan merasa ditolak oleh pria-pria itu akan berkumpul dan mengadakan acara api unggun. Di sana mereka akan membakar foto pria dan mencaci maki mereka. 

Jerman

Hari valentine di Jerman, dikenal dengan Valentinstag. Di hari itu, perayaan seperti memberikan bunga, cokelat, kartu dan permen kepada pasangan masih dilakukan. Yang beda, negara ini menggunakan babi sebagai simbol keberuntungan dan nafsu. Berbagai hiasan dan patung babi akan menghiasi seluruh pelosok.

Meksiko

Di Meksiko hari valentine juga dijadikan sebagai ajang pencarian jodoh. Pria dan wanita lajang berkumpul di sebuah taman, lalu berjalan dengan arah yang berlawanan.

Saat pria berpapasan dengan wanita yang disukai, ia akan memberikan bunga, lalu keduanya kembali berjalan dengan arah yang berlawanan. Saat mereka berpapasan untuk kedua kalinya dan wanita masih menggenggam bunga yang diberikan, artinya wanita itu juga menyukainya. 

Korea Selatan

Di Korea Selatan, hari kasih sayang dirayakan tiga kali. Setelah valentine di 14 Februari, white day di 14 maret, Korea Selatan menambahkan 14 April sebagai black day. Di hari itu, mereka yang tidak mendapatkan hadiah, tetapi akan menebus kesedihannya dengan berlibur dan menikmati mie hitam sebagai simbol kesedihan atas kesendirian mereka.

Taiwan

Tradisi di negara ini tidak jauh beda dengan Korea Selatan Bedanya pria akan memberikan hadiah lebih dulu dan wanita akan membalasnya di white day bulan berikutnya.

Ada juga tradisi 7/7, yang jatuh pada hari ketujuh dari bulan ketujuh dalam kalender luar Cina. Di hari itu, pria dan wanita akan menari dan melakukan ritual pembakaran dupa.

Afrika Selatan

Perayaan valentine dilakukan selama satu minggu di negara ini. Disebut juga dengan Roman Love Festival, Lupercalia. Meski tidak berhubungan langsung dengan hari valentine, namun para selama perayaan itu para wanita akan menuliskan nama pria yang disukainya pada lengan mereka. Ini dilakukan dengan harapan akan mendapatkan perhatian dan cinta yang sama dari pria tersebut.

Amerika Serikat

Di Amerika, perayaan Valentine ditandai dengan saling tukar kartu. Bukan hanya kartu-kartu berhias indah dan berisi kata-kata cinta, tapi juga kartu berisi humor-humor kejam. Tak jarang orang-orang berkreasi membuat kartu valentine untuk orang tercinta. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya