Mengenal Perayaan Chuseok Melalui Makanan Khas Bibimbap hingga Pajeon

Giant Bibimbap Show, Foto: Isra Berlian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

Jakarta, VIVA – Sering mendengar chuseok? Jika Anda sering menyaksikan drama Korea atau variety show Korea pasti sudah tak asing dengan Chuseok. Chuseok atau disebut juga dengan Hangawi, adalah festival panen tahunan yang dirayakan secara nasional. 

Jaksa Jemput Paksa Warga Korea Usai Gelapkan Dana Senilai Rp26 Miliar

Untuk tahun ini chuseok berlangsung pada tanggal 16-18 September 2024. Chuseok juga menjadi hari libur nasional di Korea Selatan. Dimulai sejak zaman kerajaan Silla, ini dilakukan sebagai ritual syukur pada para leluhur dan merayakan masa panen. 

Sementara itu, dalam perayaan Chuseok setiap tahunnya, warga Korea akan kembali ke kampung halaman mereka dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Selama perayaan ini warga Korea akan  mengunjungi makam leluhur dan melakukan upacara penghormatan dengan membawa makanan, buah-buahan, hingga minuman. 

Mantan Idol Korea Ditangkap karena Memalsukan Catatan Medis untuk Menghindari Wajib Militer

Selain itu, satu keluarga besar akan berkumpul di malam hari sebelum Chuseok untuk membuat kue tradisional Korea, Songpyeon. 

“Chuseok adalah hari libur nasional Korea, di hari ini seluruh keluarga berkumpul, makan bersama dan merayakan musim panen. Makanan yang selalu dimakan selama perayaan Chuseok salah satunya adalah Songpyeon itu rice cake,” kata President Director LOTTE Mart Indonesia, Kim Tae Hoon saat ditemui dalam acara Korean Fair ‘Happy Chuseok’ di Lotte Mart Gandaria City, Kamis 5 September 2024.

Turis Asal Korea Selatan Ditemukan Tewas di Perairan Gili Trawangan NTB

Selama berkumpul bersama selama chuseok, warga Korea Selatan juga akan menikmati sejumlah makanan khas Korea Selatan lainnya seperti Galbi atau daging iga, hingga memasak pajeon atau pancake. 

“Selain itu chuseok juga sebagai momen kumpul keluarga, selama kumpul keluarga ada beberapa makanan tradisional Korea yang kita  makan seperti Galbi. Ada juga seafood yanh segar, selain itu selain itu selama Chuseok kita juga masak pajeon, pancake, ada kimchi pajeon,” kata dia. 

Nuansa Perayaan Chuseok dibawa ke Indonesia 

Menyambut Chuseok, jaringan hipermarket asal Korea Selatan, LOTTE Mart Indonesia menggelar Korean Fair Happy Chuseok mulai dari 5 September 2024 hingga 18 September 2024. Dalam perayaan ini, pihaknya membawa pengalaman budaya dan kesenian Korea secara langsung kepada masyarakat Indonesia dengan menghadirkan Giant Bibimbap Show. Kegiatan ini menampilkan proses pembuatan bibimbap, makanan khas Korea yang terdiri dari nasi, sayur-sayuran, dan daging yang disajikan secara gratis ke pengunjung yang hadir. 

“Alasan saya menampilkan bimbimbap raksasa itu terkait dengan harmoni, sama seperti budaya rukun di Indonesia yang saya tau itu sangat penting. Bimbimbap itu makanan yang berkaitan dengan harmoni. Untuk merayakan hari chuseok di Indonesia saya rasa membawa pertunjukkan membuat bimbimbap ini akan sangat baik,” ujar Kim Tae Hoon lebih lanjut.

Tae Hoon mengungkap masyarakat tanah air juga bisa merasakan suasana chuseok, sebab pihaknya telah menyiapkan sejumlah makanan yang memang identik dikonsumsi warga Korea Selatan selama Chuseok.

“Beberapa makanan tradisional Korea yang kita  makan seperti Galbi yang juga kita jual di sini. Ada juga seafood yang segar, selain itu selama Chuseok kita juga masak pajeon, pancake, kimchi pajeon juga ada di sini,” ujarnya. 

Selain itu untuk warga Korea Selatan yang bermukim di Jakarta juga dipermudahkan lantaran gerai ini menjual bahan-bahan makanan yang bisa mereka masak untuk dihidangkan selama chuseok. 

“Orang Korea yang tinggal di Indonesia yang merasa rindu dengan makanan bisa masak sendiri dengan bahan-bahan yang kita jual di sini,” ujarnya. 

Selain itu selama pameran Happy Chuseok ini juga menghadirkan profuk buah premium pear Korea, beef bulgogi, samgyeopsal, oyster half Shell yang diimpor langsung dari Korea, berbagai macam kuliner street food dan snack khas Korea. Ada pula pororo park, taman bermain anak-anak yang menampilkan karakter pororo yang populer di Korea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya