Resep Pukis Pandan Enak dan Mudah, Cocok untuk Pemula

Pukis pandan
Sumber :
  • Cookpad @riwayatiningsih11

Jakarta, VIVA – Pukis pandan menjadi salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat digemari oleh banyak orang. Kue ini cocok dinikmati sebagai camilan sore hari atau sajian untuk berbagai acara.

Resep Bakso Aci Kenyal yang Gurih dan Lezat, Mudah Dibuat di Rumah

Asal-usul pukis pandan sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, kue ini sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi bagian dari kuliner tradisional Indonesia. Nama "pukis" sendiri dipercaya berasal dari suara cetakan pukis saat adonan dituangkan.

Meskipun dikenal sebagai kue pandan, pukis memiliki banyak varian rasa. Selain pandan, pukis juga sering dibuat dengan rasa cokelat, keju, atau bahkan buah-buahan seperti pisang dan stroberi. Namun, rasa pandan tetap menjadi favorit banyak orang karena memberikan aroma yang khas dan menyegarkan.

Resep Chicken Cordon Bleu yang Lezat dan Creamy untuk Santapan Keluarga

Berikut resep pukis pandan yang dilansir dari Cookpad @riwayatiningsih11.

Pukis pandan

Photo :
  • Cookpad @riwayatiningsih11
Resep Cookies Lezat, Luarnya Crunchy Dalamnya Chewy!

Bahan-Bahan

Untuk Adonan:

2 butir telur ayam

150 gram gula pasir

1/2 sendok teh garam

1/4 sendok teh baking powder

1/2 sendok teh vanili

250 gram tepung terigu protein sedang

2 bungkus santan instan (masing-masing 65 ml)

2 sachet susu kental manis putih

100 ml air

75 gram margarin cair

1  sendok teh pasta pandan

Bahan Biang dan Topping:

1 sendok teh ragi instan

1 sendok teh gula pasir

50 ml air hangat kuku

Secukupnya buttercream

Secukupnya meses

Secukupnya keju parut

Cara Membuat:

1. Lelehkan margarin dan biarkan hingga hangat kuku. Dalam sebuah wadah kecil, campurkan ragi instan, 1 sendok teh gula pasir, dan 50 ml air hangat kuku. Aduk rata dan diamkan hingga ragi melunak dan berbuih.

2. Dalam wadah besar, masukkan telur dan gula pasir. Aduk menggunakan whisk hingga tercampur rata dan gula larut. Tambahkan garam, baking powder, vanili, bahan biang (campuran ragi), dan santan instan ke dalam adonan telur. Aduk rata.

Masukkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan susu kental manis, air, dan margarin cair. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik. Terakhir, tambahkan pasta pandan dan aduk kembali hingga adonan berwarna hijau merata. Tutup adonan dengan plastik wrap atau lap bersih. Diamkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang.

3. Panaskan cetakan pukis di atas api sedang cenderung kecil. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 bagian. Tutup cetakan dan panggang hingga matang, sekitar 5-7 menit. Periksa kematangan dengan menusukkan tusuk gigi, jika keluar bersih, berarti pukis sudah matang. Setelah matang, angkat kue pukis dan biarkan dingin.

4. Setelah itu, oleskan buttercream di atas pukis dan beri topping sesuai selera, seperti meses atau keju parut.

Selamat mencoba resep pukis pandan ini! Semoga hasilnya memuaskan dan dapat dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya