Menu Spesial Kemerdekaan Ayam Opor Sambal Terasi, Seberapa Unik Varian Baru McDonald's Ini?

Menu Ayam Opor McD, Foto: Isra Berlian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

Jakarta, VIVA – Opor ayam menjadi salah satu santapan khas Indonesia yang tak pernah absen di meja keluarga Indonesia. Umumnya opor ayam akan disajikan pada hari-hari spesial mulai dari Hari Raya Idul Fitri atau perayaan ulang tahun.

HUT Kemerdekaan, McD Launching Menu Opor Sambal Terasi

Biasanya jika Idul Fitri opor ayam disajikan bersama dengan ketupat dan disiram dengan kuah kuningnya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Sementara pada perayaan ulang tahun, biasanya opor ayam akan disajikan dalam keadaan kering bersamaan dengan nasi kuning dan berbagai kondimen lainnya.

V BTS Diboikot ARMY Usai Unggah Foto Kentang Goreng McDonald's yang Dianggap Dukung Agresi Israel

Sajian opor ayam yang melegenda di kalangan masyarakat ini dihadirkan oleh gerai restoran cepat saji McDonald's Indonesia selama bulan Agustus 2024.

Menu spesial yang terinspirasi dari cita rasa khas Nusantara yakni Ayam McD opor sambal terasi ini diketahui diluncurkan khusus dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 tahun ini.

Libur Sekolah, Yuk Ajak Si Kecil Eksplorasi Permainan di Booth Despicable Me 4

"Sejak 2015 kita selalu sediakan menu khas Indonesia. Khusus di Agustus kita mendedikasikan menu khas Indonesia. Kalau dari 2015 sampai 2023 kemarin kita punya menu dalam bentuk burger, tahun ini kita ingin memanjakan konsumen Indonesia yang suka ayam. Sekarang di momen kemerdekaan ini kita ada ayam opor dan untuk pertama kalinya kami perkenalkan," kata Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia, Caroline Kurniadjaja kepada awak media di kawasan Salemba Jakarta Pusat, Rabu 14 Agustus 2024.

Lebih lanjut terkait dengan pemilihan menu opor ayam di momen kemerdekaan ini. Caroline mengungkap bahwa opor ayam dirasa cocok sebab, opor ayam sering disajikan dan disantap di momen-momen spesial seperti lebaran.

Mereka melihat Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus merupakan momen spesial bagi warga Indonesia.

"Memang betul kalau lebaran biasa ada ayam opor. Tapi sebenarnya ayam opor ini juga disantap saat momen khusus, spesial. Kami melihat kemeredekaan ini adalah momen yang spesial. Jadi ayam opor ini masih sangat relevan juga untuk kami sajikan," ujar dia.

Tak hanya itu saja, berdasarkan riset dan tes market yang dilakukan pihaknya sebelum menu ini diluncurkan. Dari sejumlah tes terhadap varian menu ayam khas Indonesia lainnya.

Ternyata opor ayam menjadi menu yang paling banyak mendapat respon positif dari masyarakat. 

"Kami ingin menyajikan sesuatu yang belum pernah, yang baru. Dari semua list kami yang menjadi favorit orang Indonesia untuk khas Indonesia salah satunya adalah opor, dan ketika pertama kali kami melakukan tes yang disukai konsumen dengan yang lainnya adalah opor," ujarnya.

Tak hanya opor ayam saja, pihaknya juga menyelipkan kondimen lainnya berupa sambal terasi. Sambal terasi ini dipilih lantaran sangat dekat dengan orang Indonesia dan dinilai pas jika dikombinasikan dengan ayam opor.

"Tidak hanya saus opor saja, menu ini juga dilengkapi dengan sambal terasi. Kami gabungkan dengan adanya sambal terasi agar ballance antara opor ayam yang gurih manis berpadu dengan pedas. Sambal ini juga akan membuat semakin tambah nikmat. Baik sambal dan opornya ini sangat Indonesia sekali," sambung dia.

Sebagai informasi, ayam opor McD ini merupakan ayam crispy original atau ayam crispy spicy yang dicelupkan dengan saus opor ayam.

Sedangkan untuk menu ini terdiri dari dua yakni ala cart (ayam satuan, Rp 29.500 sudah termasuk pajak) dan menu paket yang dimulai dari Rp 42.500 (Sudah termasuk pajak)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya