Petualangan Kuliner Italia di Jakarta: 5 Restoran Ini Wajib Dikunjungi

Pizza di Massilia
Sumber :
  • istimewa

Jakarta, VIVA -  Makanan khas Italia memiliki perbedaan dan karakteristik yang khas dibandingkan hidangan daerah lain, di antaranya penggunaan minyak zaitun di hampir setiap jenis makanan, berbagai jenis pasta otentik khas Italia, penggunaan keju yang seringkali digunakan sebagai pengganti daging, hingga penggunaan bahan baku makanan yang segar.

Pasta Buntel, Restoran Italia Rasa Jawa Milik Putra Jokowi

Selain cita rasa hidangan yang khas, restoran Italia kerap kali menawarkan interior yang tidak hanya menarik, namun menambah kenyamanan pengunjung. Desain restoran Italia kerap kali memiliki nuansa yang hangat, serta dekorasi dan interior yang klasik. Tidak hanya itu, alunan lagu-lagu berbahasa Italia turut menambah kekentalan tradisi khas negara yang terkenal dengan pasta spaghetti-nya ini.

Di Jakarta, restoran khas Italia tidak sulit untuk ditemukan karena restoran-restoran ini telah sejak lama hadir di Ibu Kota. Buat kamu yang tertarik untuk menikmati hidangan khas Italia, berikut 5 rekomendasi restoran yang menyajikan aneka hidangan khas Italia di Jakarta.

Jersey Typo Rafael Struick di Piala Asia 2023 Dijual Rp2,1 Juta Jelang Timnas Indonesia Vs Australia

1. Massilia Cucina Italiana

Massiliana Cucina Italiana

Photo :
  • istimewa
President Jokowi Calls for Solidarity and Sportmanship at PON XXI 2024


Menggunakan bahan-bahan artisanal yang berkualitas dari Italia, restoran ini mengusung konsep Italian Gourmet Pizza. Sebagai salah satu menu andalan, pizza di Massilia Cucina Italiana memiliki citarasa yang khas, dengan tekstur yang lembut, ringan dengan aroma yang menggiurkan berkat adonan yang telah difermentasi selama lebih dari 72 jam. Pizza di restoran ini juga dipanggang di dalam oven pizza khusus yang langsung diimpor dari Italia, dipanggang menggunakan kayu bakar yang memberikan karakter dan aroma khas yang menambah selera makan. 

Pizza di Massilia Cucina Italiana juga telah mendapatkan apresiasi dari berbagai lembaga makanan dunia melalui berbagai penghargaan, di antaranya Top 50 Pizza in the World 2024, Top 50 Pizza in the World 2023, Top 50 Pizza in Asia Pacific 2023, The Michelin Guide 2020, Gambero Rosso Award, Best Service Asia Pacific 2023 dan lainnya. Perlu diingat pula bahwa menu yang disediakan di restoran ini tidak mengandung daging babi dan bahan sejenisnya. 

Di antara hidangan pizza favorit di restoran ini adalah Carnivora (Meat Lover) yang memadukan daging dan sosis khas Italia dengan keju mozzarella fior di latte. Selain menu pizza, Massilia Cucina Italiana juga memanjakan lidah para pengunjung dengan hidangan khas lainnya, di antaranya Ravioli Al Porcini, pasta ravioli yang berisikan daging dan sosis khas dengan paduan Porcini Mushroom Creamy Sauce yang menggugah selera. 
Kesegaran hidangan pencuci mulut seperti Tiramisu dan Panna Cotta Ananas e Lamponi menjadi pilihan yang tepat dengan cita rasa yang otentik dan unik. Massilia Cucina Italiana berlokasi di Arena Square, Jalan Gatot Subroto Kav. 55-56, Jakarta Selatan. Restoran buka mulai dari jam 11.00 hingga 22.00. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi nomor telepon restoran di 0811-1002-0320.

2. Oma Elly Trattoria – PIK

Oma Elly restoran

Photo :
  • istimewa

Ketika melangkah ke dalam restoran, Anda akan sejenak disambut dengan aroma pizza yang sedang dipanggang serta pasta yang dimasak dengan beragam saus spesial, serta aroma kayu bakar dari oven tradisional yang menambah kehangatan. Terinspirasi dari nenek sang pemilik yang berasal dari Italia, Oma Elly memanjakan lidah para pengunjung dengan beragam hidangan khas Italia, mulai dari pizza, pasta, hingga hidangan penutup yang menggugah selera. Pizza ala Oma Elly dibuat dengan metode hand-tossed, serta memadukan bahan baku yang segar di atas adonan pizza dengan kelembutan di bagian tengah serta kerenyahan di pinggirannya. 

Anda dapat menikmati Margherita, sajian pizza Italia yang klasik dan memadukan fior de latte mozzarella dengan San Marzano tomato serta basil extra virgin olive oil. Pasta Oma Elly juga menjadi hidangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Nikmati juga kelembutan pasta yang dimasak secara al dente, dengan campuran saus khas Italia, mulai dari Spaghetti Alla Pesto, Ravioli al Tartufo, hingga Truffle Pasta dengan aroma truffle yang unik. Dalam daftar hidangan penutup, Anda dapat mencoba Tiramisu yang lembut atau beragam pilihan Gelato yang menyegarkan.

Harga menu makanan dan minuman di Oma Elly mulai dari Rp25.000 hingga Rp4.650.000. Jam operasional restoran mulai dari pukul 10.30 hingga 21.30. Oma Elly Trattoria – PIK beralamat di Jalan Pantai Indah Utara 2 Blok 8CG, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara. Anda dapat menghubungi restoran untuk reservasi melalui nomor telepon 0812-1116-2323.

3. Patio Venue & Dining

Patio Venue

Photo :
  • istimewa

Restoran Italia selanjutnya adalah Patio Venue & Dining. Berlokasi di Jalan Wijaya XIII No. 45, Panglima Polim, Jakarta Selatan, Patio Venue & Dining menawarkan pengalaman menyantap hidangan khas Italia dengan nuansa Italia yang khas, yang dilengkapi dengan ruangan yang luas serta furnitur woody. Taman-taman kecil di sekitarnya turut menambah kehangatan selama menyantap hidangan.  

Menjadi bagian dari Plataran Group, Patio Venue & Dining menyajikan beragam hidangan Italia yang menggungah selera, mulai dari appetizers, main course, hingga dessert. Patio Omelette, salah satu hidangan favorit, memadukan telur omega 3 dengan jamur yang telah ditumis serta saus pesto. Patio juga menyajikan Rendang Pizza, hidangan fusion yang menggabungkan kuliner Italia dengan sentuhan Nusantara. Makanan lezat di Patio terasa belum lengkap tanpa kesegaran yang bisa Anda dapatkan di dalam segelas Raspberry Cooler yang memadukan buah raspberry, mentimun, serta apel hijau.

Harga makanan di Patio Venue & Dining mulai dari Rp49.000 hingga Rp1.590.000. Jam operasional restoran dimulai pada jam 07.00 hingga 19.00. Anda dapat melakukan reservasi atau mendapatkan informasi terkait restoran melalui nomor 0821-1226-7787.

4. Caffe Milano

Caffe Milano

Photo :
  • istimewa

Dari namanya saja, Caffe Milano sudah cukup untuk merepresentasikan identitas restoran ini sebagai restoran Italia. Beroperasi di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di mal Grand Indonesia, Caffe Milano sukses menarik perhatian pengunjung dengan desain interior dengan nuansa Italia yang kental. Alih-alih menggunakan wallpaper untuk dekorasi dinding, Caffe Milano menghiasi dindingnya dengan rentetan botol-botol wine yang menambah kesan artistik.

Sebagai restoran Italia, Caffe Milano turut menyajikan menu khas Italia yang beragam, di antaranya Milano, pizza signature Caffe Milano yang disajikan dengan lapisan adonan tipis, dilengkapi dengan jamur Porcini, pancetta, parmigiano dengan telur setengah matang tepat di tengahnya. Selain pizza, Caffe Milano juga menyajikan beragam pasta, salah satu yang spesial adalah Aglio Olio with Bottarga, pasta spaghetti yang dimasak al dente dengan sentuhan bottarga (sejenis ikan kering yang diasinkan) yang menambah cita rasa asin yang khas.

Caffe Milano membanderol harga makanan dan minuman mereka di kisaran Rp35.000 hingga Rp435.000. Untuk informasi, Anda dapat menghubungi Caffe Milano melalui nomor telepon (021) 23580638. Restoran buka pada hari Senin-Kamis pukul 11.00-23.00, Jumat-Sabtu pukul 11.00-24.00, dan Minggu pukul 11.00-23.00.

5. Expatriate Italian Restaurant

Expatriate Italian Restaurant

Photo :
  • istimewa

Bicara restoran Italia, tidak mungkin kita lupakan Expatriate Italian Restaurant. Restoran ini menawarkan beragam hidangan Italia yang otentik, termasuk pizza, pasta, dan makanan pembuka maupun penutup khas Italia. Anda dapat mulai dengan makanan pembuka favorit, seperti roti Bruschetta yang ringan di mulut atau Calamari Ripieno yang memberikan sensasi pedas di lidah.
Untuk hidangan pizza, Anda dapat mencoba Expatriate Pizza yang disajikan dengan tomato sauce, mozzarella, telur, parma ham, rocket salad, serta smoked cheese yang bukan hanya menambah cita rasa otentik, namun juga merepresentasikan identitas Expatriate sebagai salah satu restoran Italia ternama di Jakarta.

Selain pizza, Expatriate memiliki dedikasi dalam menyajikan pasta yang dibuat homemade dengan bahan baku yang berkualitas tinggi. Gnocchi 4 Formaggi, salah satu menu pasta favorit restoran, menyajikan gnocchi, sejenis pangsit khas Italia yang terbuat dari kentang tumbuk, kemudian dibentuk menjadi seukuran gigitan, serta dihidangkan bersama empat jenis saus keju.
Selain menu a la carte, Expatriate Italian Restaurant juga menyajikan Italian menu set dengan harga yang lebih terjangkau di kisaran Rp45.000 hingga Rp55.000. Menu set ini menyajikan beragam menu di dalam satu set hidangan, seperti menu Set A yang memadukan Spaghetti Aglio e Olio, mixed vegetables, creamy spinach, serta Chicken Cacciatore.

Expatriate Italian Restaurant terletak di Jalan Boulevard Raya QF 3 No. 11a 3, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Anda dapat menghubungi nomor (021) 45850388 untuk reservasi atau mendapatkan informasi terkait restoran. Expatriate Italian Restaurant buka pada Senin-Kamis pukul 11.00-23.00, Jumat-Sabtu pukul 11.00-24.00, dan Minggu pukul 11.00-23.00. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya