Tigris Valerie Menghadirkan Kekayaan Rasa Nusantara di Pluit

Gimpi Tempong
Sumber :
  • Ist

Jakarta, VIVA – Dengan mengedepankan konsep nusantara, selebgram Tigris Valerie mengembangkan bakatnya di dunia kuliner, menonjolkan ciri khas tempong (sambal) dan jamu. Usaha kuliner yang dinamakan GIMPi ini resmi dibuka di Pluit, Jakarta Utara.

Resep Bakso Aci Kenyal yang Gurih dan Lezat, Mudah Dibuat di Rumah

Dalam acara pembukaan tersebut, Tigris Valerie didampingi oleh Pison Tio dan Lanny Tio, ibundanya. Selebgram yang dikenal dengan gaya hidup sehat ini menjelaskan berbagai jenis sambal tempong yang menjadi andalan GIMPi. Scroll lebih lanjut ya.

"Ada empat jenis tempong dengan rasa pedas yang khas. Sambal tempong, sambal ijo gimpi, sambal kecombrang gimpi, serta sambal bakar gimpi. Berbeda dari sambal di tempat lain," ujar Valerie.

Cerita Atlet Panjat Tebing Desak Made Cicipi Kuliner Tradisional Aceh Usai Kompetisi

Tak hanya sambal, GIMPi juga menawarkan sebelas varian rasa jamu, yang dihadirkan untuk memenuhi selera berbagai kalangan usia. Valerie menjelaskan bahwa kehadiran banyak varian jamu ini bertujuan agar semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dapat menikmati minuman tradisional tersebut.

Resep Chicken Cordon Bleu yang Lezat dan Creamy untuk Santapan Keluarga

"Mengapa banyak varian rasa jamunya? Tujuannya agar semua kalangan usia, bisa menikmati jamu. Anak-anak, milenial, dewasa, orangtua, semua usia bisa minum jamu. Rumah makan kami sengaja menyiapkan minuman jamu, karena tidak ada rumah makan yang menyediakan minuman kebugaran, kesehatan jamu," jelas Valerie, yang dikenal memiliki tubuh ramping.

Pison Tio, yang turut hadir di samping Tigris, menjelaskan bahwa nama GIMPi merupakan sebuah singkatan. "Gimpi itu artinya gurih, mantap pedasnya istimewa," ucapnya.

Gimpi Tempong

Photo :
  • ist

Tigris juga menambahkan detail mengenai jenis-jenis sambal yang ditawarkan di GIMPi.

"Sambal kecombrang modifikasi pakai bunga kecombrang. Sambal tempong khas daerah Banyuwangi. Terus sambal ijo dan sambal bakar. Jadi empat rasa tempong ini, rasanya bisa menggugah rasa. Penikmat kuliner bisa memilih jenis tempong atau sambal yang sesuai selera lidahnya," tambahnya.

Lanny Tio, ibunda Tigris Valerie, menanggapi peraturan pemerintah yang melarang restoran atau tempat makan menyediakan makanan dan minuman berpemanis dengan menjelaskan bahwa restoran GIMPi menggunakan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.

"Kita pakai penggantinya, semisal kayu manis, madu. Kita mengurangi pemanis gula," jelas Lanny Tio.

Restoran GIMPi yang mengusung cita rasa nusantara ini menawarkan masakan dengan keaslian rasa dan menggunakan bahan-bahan lokal. Menu andalan seperti nasi putih pulen, ayam goreng, gurame goreng, kulit goreng, sayur asem, lalapan, dan telur barendo disajikan dengan sambal khas GIMPi yang diracik dengan resep khusus, memberikan sensasi pedas dan gurih yang menggugah selera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya