Eksplor Sajian Khas Indonesia di Kampung Kuliner Nusantara, Ada Lebih dari 50 Makanan dan Minuman

Kampung Kuliner Nusantara di Cibubur Junction.
Sumber :
  • Cibubur Junction.

JAKARTA – Kuliner Indonesia dengan sajian kuliner Nusantara kembali digelar di Cibubur Junction, Jakarta Timur untuk ketiga kalinya. Festival kuliner ini berlangsung hingga 4 Agustus 2024 mendatang dan berlokasi di main atrium Cibubur Junction.

Jelajahi Keunikan Masakan Peranakan, Perpaduan Rempah dan Budaya yang Kaya

Pada event kali ini, lebih dari 50 variasi jenis makanan dan minuman dengan pilihan beragam kuliner khas Nusantara, turut dihadirkan. Ada makanan dan minuman apa saja? Scroll untuk tahu lebih lanjut, yuk!

Sajian kuliner khas Indonesia yang dihadirkan pada kegiatan Kampung Kuliner Nusantara Vol.3 kali ini, di antaranya Iga Bakar Lemu Magelang, Kupat Tahu Magelang, Bistik Ayam Nusantara, Tengkleng dan Tongseng Pak Ahmad, Es Cendol Kenangan Arema, Soto Mie Bogor Mang Topik, Soto Ambengan Pak Sadi (Asli), Sego Sambel Suroboyo Mak Weg Surabaya, hingga Mie Kocok Bandung Bu Marika.

Resep Bakso Aci Kenyal yang Gurih dan Lezat, Mudah Dibuat di Rumah

Ada juga Nasi Daun Jeruk Tiga Dara, Bonsari Pecel Madiun, Gohyong & Pangsit Chili Oil Si Mpok & Seblak, Cuanki Bandung Mang Udin, Pempek Sriwijaya Jelambar, Mie Djowo Semar, Sate Ayam Ponorogo Zahra, Kwetiau Goreng Daun Simpur, Cakwe Master, Tahu Gejrot & Kue Lekker Arjuna, Bakso Goreng Jumbo, Smiling Mango, Kerak Telor & Selendang Mayang dan Ketan Susu Kemayoran 1958.

Cerita Atlet Panjat Tebing Desak Made Cicipi Kuliner Tradisional Aceh Usai Kompetisi

Selain itu, masih ada Es Jeruk Peras & Alpukat Kocok Katumbiri, Kang Tebu, Teh Tarik & Kopi Aceh Ce Bush, Es Pisang Ijo Payjo, Kue Ape, Kue Cubit, Pancong, Rangi, Es Durian Iko Gantinyo 1986, Bakmi Ayam Kampung Ationg 1962, Gerobakan 31 Es Goyang Kampoeng, Asinan Betawi Permata, Es Cincau Mang Toip hingga Toge Goreng.

Konsep kuliner kali ini menghadirkan makanan khas yang menjadi pilihan masyarakat dengan citarasa Nusantara yang disatukan dalam satu area untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung menikmati pilihan rasa yang sesuai selera mereka. Di mana sebagian besar dari makanan yang bergabung adalah makanan dari daerah yang sengaja didatangkan khusus untuk mengikuti kegiatan kuliner ini. 

Rina Nurlina, selaku Mall Director Cibubur Junction mengatakan, seiring dengan dinamika kebutuhan masyarakat akan pusat perbelanjaan, di mana pusat perbelanjaan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner keluarga, maka mal ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan keluarga di wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya. 

"Dan pada setiap penyelenggaraan kegiatan kuliner ini, antusias baik pengunjung dan pedagang yang mengikuti kegiatan kuliner ini meningkat pada setiap tahunnya. Dengan alasan ini, kami membuat kegiatan kuliner ini menjadi kegiatan rutin tahunan Cibubur Junction dengan harapan dapat menjadi ikon wisata kuliner dengan keragaman kegiatan kuliner yang kami hadirkan,” ujar Rina dalam keterangannya, dikutip Senin 29 Juli 2024. 

“Kami juga berharap kegiatan kuliner ini dapat mengangkat dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia sebagai warisan budaya yang harus kita jaga dan kita lestarikan keberadaannya khususnya  kepada anak-anak muda generasi bangsa,” sambungnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya