Kisah Nasabah PNM Sulap Pare dari Sayuran Pahit yang Dibenci Jadi Camilan Favorit

Nasabah PNM, Mekaar Yulianti pencetus ide camilan pare crispy
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Nasabah binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Yulianti memiliki cerita menarik dalam menjalankan bisnis cemilan unik. Produk usaha yang ditawarkannya berawal dari permasalahan anaknya yang suka camilan namun tidak menyukai sayuran. Ia pun berpikir untuk membuat jajanan yang sehat hingga akhirnya tercetus sayur pare karena memiliki kandungan yang baik untuk pencernaan.

Bobby Nasution Mau Tingkatkan UMKM di Sumatera Utara dengan Sistem Digital

“Saya coba gimana sayur pare bisa dikonsumsi anak saya dengan rasa yang berbeda. Akhirnya pare saya modifikasi ditambahkan adonan tepung agar jadi pare crispy,” kata Yulianti dalam rilis yang diterima VIVA Selasa, 23 Juli 2024 sore.

Meskipun mengalami kegagalan di percobaan awal, Yulianti tidak patah semangat dan terus explore hingga menemukan racikan dan cara memasak yang pas hingga disukai oleh anaknya. Lewat akun Facebook, ia membagikan ceritanya yang sukses menyajikan pare crispy.

PNM Kembangkan Potensi Petani Aceh Lewat Klasterisasi Komoditas Minyak Nilam

Ilustrasi sayuran pare atau parai

Photo :
  • freepik

“Banyak yang tanya-tanya dan saya kirimkan tester. lama-lama banyak yang pesan dan akhirnya saya jadi serius jualan di tahun 2023 tapi sebelum itu saya juga menjual olahan telur bebek,” tutur perempuan tangguh yang menjadi tulang punggung keluarga ini.

PNM Fasilitasi Pertukaran Ilmu Global: Ulas Social Re-Engineering dan Transformasi Digital

Menurut Yulianti, kunci dari bisnis cemilan adalah harus memiliki ciri khas sendiri, konsisten dan terus belajar. Selain itu, kemasan yang menarik juga menjadi daya tarik awal agar masyarakat membeli. Ia merasa beruntung telah menjadi bagian dari PNM Mekaar karena mendapatkan pelatihan untuk pengembangan usaha secara gratis

“Saya terbantu untuk dapat modal dengan mudah, tidak perlu jaminan. Tampilan produk jualan saya juga jadi lebih menarik setelah dibantu dibuatkan saat pelatihan pembuatan kemasan produk,” tambahnya.

Saat ini, usaha Yulianti dengan nama brand Bakoel Oza sudah memiliki sertifikat halal dengan omset hingga 20 juta rupiah perbulan. Pembelinya pun semakin beragam mulai dari masyarakat umum, dinas perkantoran pemerintah dan juga telah dipasarkan di salah satu hotel bintang 4 di daerahnya. Ia percaya dengan semangat pantang menyerah usaha skala rumah tangga bisa bersaing dengan UMKM lainnya.

[dok. Humas BTN]

Gandeng Amartha, BTN Perluas Pembiayaan UMKM Perempuan Segmen Ultra Mikro

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk alias BTN menjalin kerja sama pembiayaan channeling dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha).

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2024