10 Ide Bekal Simpel untuk Anak, Murah dan Bergizi!

Bekal makan anak
Sumber :
  • pixabay/takazart

JAKARTA  – Inilah 10 ide bekal makanan yang simpel dan bergizi untuk anak. Bagi para orang tua, menyiapkan makanan yang bergizi untuk anak adalah hal penting, namun tak jarang membuat pusing karena perlu memutar otak.

Resep Asinan Kiamboy yang Viral di TikTok, Lezat dan Segar Banget!

Menyiapkan bekal makanan untuk anak tidaklah mudah. Para orang tua tentu memikirkan bagaimana buah hatinya tidak hanya kenyang, tetapi kebutuhan gizinya terpenuhi. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Nah, berikut ini ide bekal simpel untuk anak. Tidak hanya simpel dibuat atau dipersiapkan, bekal-bekal makanan ini juga bergizi dan beberapa di antaranya cukup terjangkau.

Resep Pukis Pandan Enak dan Mudah, Cocok untuk Pemula

10 Ide Bekal Simpel untuk Anak

Bekal makanan estetik

Photo :
  • Instagram/impertados.4kids
Deretan Resep Super Enak! Hati-hati Kalap Habiskan Nasi Satu Rice Cooker

1. Telur dadar dengan sayuran

Ilustrasi telur dadar

Photo :
  • Pixabay/ Nomoel Nemo

Di urutan pertama ada telur dadar dan sayuran. Resep satu ini tidak membutuhkan bahan yang rumit, kamu hanya perlu telur dan sayur-sayuran. Cara buatnya pun mudah, kamu tinggal memasak telur dadar dan tambahkan dengan sayuran seperti wortel parut atau bayam untuk menambah nilai gizinya.

2. Nasi putih dengan tumis sayuran

Bekal makan anak

Photo :
  • pixabay/takazart

Kemudian, nasi putih dan tumis sayuran. Siapkan nasi putih hangat dan tumis dengan sayuran seperti wortel, kacang panjang, dan kol. Tambahkan sedikit bumbu seperti garam dan merica bubuk serta kecap sebagai perasa.

3. Sandwich roti gandum

Roti Sandwich.

Photo :
  • 300sandwiches.com

Resep berikutnya yakni sandwich roti gandum. Kamu dapat menyiapkan roti gandum utuh lalu oleskan dengan selai kacang tanpa gula tambahan dan tumpuk dengan irisan pisang. Makanan ini adalah kombinasi yang menyenangkan dan mengenyangkan bagi anak.

4. Oatmeal dengan buah-buahan

Ilustrasi bubur gandum/oatmeal/sarapan.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Oatmeal adalah sumber serat yang baik. Setelah itu, kamu bisa menambahkan potongan buah segar atau kering untuk rasa dan nutrisi ekstra.

5. Sup sayuran

Resep sayur Sup Kembang Waru

Photo :
  • Cookpad @Dewi Ratna

Sup kaya sayuran seperti wortel, kentang, dan kacang-kacangan memberikan nutrisi yang lengkap untuk buah hati. Kamu juga bisa menambahkan daging atau tahu dan tempe untuk tambahan protein.

6. Pasta dengan saus tomat dan sayuran

Pasta/spaghetti carbonara.

Photo :
  • Pixabay/Hans

Pasta gandum utuh dengan saus tomat yang dibuat sendiri dan tambahan sayuran seperti paprika atau brokoli memberikan karbohidrat dan serat yang baik untuk anak.

7. Roti isi telur dan sayuran

Kamu bisa menggunakan roti gandum untuk kreasi menu lain. Misalnya, roti gandum utuh yang diisi dengan telur rebus atau telur dadar. Kemudian, tambahkan irisan sayuran segar seperti timun atau tomat.

8. Nasi goreng sayuran

Nasi goreng adalah menu yang simpel untuk dijadikan bekal makanan anak. Agar ada tambahan nutrisi, kamu bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung untuk memberikan energi dan sumber gizi beragam.

9. Ikan panggang dengan kentang tumbuk

Ikan panggang kaya akan omega-3 dan protein. Sajikan dengan kentang tumbuk atau rebus untuk karbohidrat kompleks. Kamu juga bisa menambahkan telur rebus untuk rasa dan gizi tambahan untuk anak.

10. Tumis tofu dengan sayuran

Tahu atau tofu bisa dibuat menjadi tumis dengan sayuran seperti paprika dan brokoli. Tambahkan sedikit kecap untuk rasa. Tambahkan juga nasi hangat untuk karbohidrat sang buah hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya