Intip Resep Ongol-ongol Bihun Gula Aren, Perpaduan Unik Tekstur Kenyal dan Rasa Manis Legit

Ongol-ongol Bihun Gula Aren
Sumber :
  • Magoela

JAKARTA  – Ongol-ongol adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung sagu dan gula aren. Ongol-ongol termasuk jajanan khas Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Rasanya yang manis legit karena gula aren dan teksturnya yang kenyal membuatnya digemari banyak orang. 

Resep Sup Iga Sapi Gurih Nikmat dan Empuk, Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Ongol-ongol memiliki varian yang sesuai dengan selera. Dalam membuat ongol-ongol, Anda bisa menambahkan campuran bihun. Tekstur bihun yang kenyal dapat merubah tampilan ongol-ongol menjadi lebih menarik.

Ternyata, untuk membuat ongol-ongol tidak sesusah yang dibayangkan lho. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan saja dan bisa melakukannya di rumah. 

Resep Ketimus Singkong Gula Aren: Manis Legit, Lembut, dan Bikin Nostalgia!

Sedang mencari resep ongol-ongol yang enak dan kenyal? Yuk, coba resep ongol-ongol bihun gula aren untuk menemani aktivitasmu seperti yang dilansir dari Magoela:

RESEP ONGOL ONGOL

Revitalisasi KCBN Muarajambi: Jelajah Sejarah hingga Gastronomi Unik di Kawasan Candi Tertua Asia

Bahan-bahan:

1. 80 gr / 1 keping bihun kering

2. 100 gr gula aren/merah, iris

3. 100 ml air

4. 5 sdm tepung sagu

5. 2 lbr daun pandan

6. 100 gr atau secukupnya kelapa parut kukus untuk taburan

Cara Membuat:

Langkah 1: Siapkan bahan-bahan. Rebus air, gula merah dan daun pandan hingga gula larut. Setelah itu angkat. Sisihkan.

Langkah 2: Rendam bihun dengan air panas atau air biasa hingga lunak, tapi jangan sampai terlalu lembek ya.Setelah lunak tiriskan. Campurkan bihun, air gula dan tepung sagu, aduk rata.

Langkah 3: Kemudian masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi sedikit minyak. Beri daun pandan. Lalu kukus selama 20 menit atau hingga matang.

Langkah 4: Setelah matang angkat dan dinginkan. Setelah dingin keluarkan dari loyang lalu potong-potong. Gulingkan kue di kelapa parut kukus. Sajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya